Status Zona Merah Sewon dan Banguntapan Diperpanjang

Ilustrasi. - Freepik
25 November 2020 18:17 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Pemkab Bantul memperpanjang status dua kapanewon yakni Sewon dan Banguntapan yang sebelumnya sempat dinyatakan zona merah. Kedua kapanewon itu tetap berstatus zona merah hingga 2 Desember mendatang.

Panewu Banguntapan Fauzan Mu’arif mengatakan, pihaknya telah menerima surat perpanjangan penetapan zona merah untuk wilayahnya. Dalam surat tersebut yang diterima pada 16 November 2020 tersebut, disebutkan jika status zona merah untuk Kapanewon Banguntapan diperpanjang hingga 2 Desember mendatang.

“Iya, diperpanjang. Sebab, angka penyebaran Covid-19 masih tinggi,” katanya, Rabu (25/11/2020).

BACA JUGA : Banguntapan & Sewon Zona Merah, Aktivitas Warga Dibatasi

Karena status zona merah diperpanjang, imbuh Fauzan, maka pihaknya melakukan sejumlah langkah mulai dari pembatasan aktivitas masyarakat dan ekonomi. Selain itu, pengetatan protokol kesehatan serta sosialisasi mengenai protokol kesehatan juga terus dimaksimalkan.

“Semisal resepsi pernikahan jumlahnya dikurangi. Serta pengetatan protokol kesehatan untuk kegiatan masyarakat lainnya, harus tetap diperketat protokol kesehatannya,” lanjutnya.

Sementara Pjs Bupati Bantul Budi Wibowo mengatakan, salah satu alasan pihaknya memperpanjang status zona merah untuk Sewon dan Banguntapan adalah dikarenakan adanya kenaikan grafik kasus positif Covid-19 di wilayahnya.

“Selain itu, kami juga akan evaluasi terkait dengan rencana pembelajaran dengan sistem tatap muka. Lihat nanti grafiknya Covid-19 akan seperti apa? Karena risikonya lebih besar, jika kami lepas,” katanya.

BACA JUGA : Geser Sewon, ODP Corona di Banguntapan Terbanyak

Menurut Budi, sejauh ini pemulihan perekonomian selama pandemi Covid-19 sudah mulai berjalan dengan baik. Di mana, sebelumnya pertumbuhan perekonomian mencapai -6,7 persen saat ini mencapai -2,5 persen.

“Ini artinya ada kenaikan tajam. Tetapi, bagaimana sekarang kenaikan tajam ini tidak diikuti dengan kenaikan grafik Covid-19,” harapnya.

Hingga Selasa (24/11) sore, tercatat 74 orang positif Covid-19 di Bantul. Dari jumlah tersebut, ada 55 orang di antaranya berasal dari Sewon, dan enam lainnya di Banguntapan.