Peran Masyarakat dalam Penegakan Prokes Perlu Diperkuat

Ingat pesan ibu, cuci tangan dengan sabun. - Antara
26 November 2020 21:57 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Dalam situasi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum mreda, peran masyarakat untuk menerapkan protokol Kesehatan masih sangat penting, yang salah satunya yakni dengan memakai masker. Masker menjadi cara untuk tidak tertular dan tidak menularkan virus Corona.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD DIY, Eko Suwanto, beberapa waktu lalu. menurutnya, beberapa masyarakat masih belum cukup disiplin dalam memakai masker. “Keluar rumah tidak pakai masker. Meski hanya dekat, harus tetap pakai masker,” katanya, Kamis (26/11/2020).

Setiap masuarakat kata dia, harus turut berperan dalam mencegah penularan covid-19. Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M) harus terus dilakukan dimanapun berada, sehingga kita bisa saling melindungi satu sama lain.

Ditempat usaha rumah makan atau saat menggelar kegiatan, protokol Kesehatan harus benar-benar diperhatikan. “Masuk dicek suhu, kalau di bawah 37,3 derajat boleh masuk. Cuci tangan sebelum masuk. Duduk setiap meja hanya untuk dua orang,” ungkapnya.

Selain itu, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, untuk kegiatan yang memungkinkan tidak tatap muka, sebaiknya dilakukan secara daring. Begitu pula dengan pekerjaan jika memungkinkan, setiap kantor dibagi dalam sift agar kapasitas ruangan tidak penuh.

Dalam upaya edukasi, masyarakat juga bisa mengambil peran dengan menyuarakan pentingnya protokol Kesehatan melalui sosial media. Platform digital ini dinilai bisa efektif untuk saling mengedukasi karena lebih mudah diakses oleh semua orang.

Dengan berbagai peran masyarakat ini ditambah upaya pemerintah dalam menanggulangi covid-19 diharapkan bencana non alam ini dapat segera teratasi.