Pemred Harianjogja.com Kembali Menjabat Ketua AMSI DIY

Anton Wahyu Prihartono, Pemred Harianjogja.com (dua kanan), dan Reren Indranila, CEO Radar Jogja Digital (kiri), terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris AMSI DIY Periode 2020-2023, dalam Konferwil II AMSI DIY yang digelar di The Atrium Hotel & Resort, Senin (30/11/2020). - Harian Jogja/Nugroho Nurcahyo
30 November 2020 14:27 WIB Nugroho Nurcahyo Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemimpin redaksi (Pemred) Harian Jogja dan harianjogja.com, Anton Wahyu Prihartono, terpilih sebagai Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) DIY Periode 2020-2023. Anton akan didampingi Reren Indranila, CEO Radar Jogja Digital yang menjadi sekretaris.

Anton dan Reren dipilih secara mufakat oleh 11 anggota AMSI DIY dalam Konferensi Wilayah (Konferwil) II di The Atrium Hotel & Resort, Sleman, Senin (30/11/2020). Sebelumnya, Anton adalah Ketua AMSI DIY 2017-2020.

BACA JUGA: Jokowi Ubah Skema Gaji PNS, Ini Alasannya

Konferwil memilih Badan Pertimbangan dan Pengawas Organisasi (BPPO) yang terdiri dari Octo Lampito (Pemred KRjogja.com), Putut Wiryawan (Pemred Koranbernas.id), dan Heri Purwata (Jognews.com).

Konferwil juga menyepakati penetapan usulan anggota Majelis Etik AMSI DIY yang terdiri dari Ribut Raharjo (Pemred Tribun Jogja) dari unsur praktisi media siber, Lukas Ispandriarno (dosen FISIP UAJY) dari unsur akademisi, dan Arie Sujito (sosiolog UGM) sebagai wakil dari unsur masyarakat sipil.

Anton mengatakan konferwil ini tak hanya memilih pengurus, tetapi merupakan langkah advokasi dan penguatan kapasitas media siber di DIY.

“Belum semua media siber di DIY terverifikasi di Dewan Pers. Belum semua jurnalis yang bekerja di media siber di DIY mendapatkan sertifikasi. AMSI DIY akan memfasilitasi hal tersebut. Harapannya media siber di DIY terverifikasi Dewan Pers,” kata dia

Menurutnya, tantangan saat ini bagi media siber cukup berat. Salah satunya adalah memerangi hoaks. Dengan begitu, diperlukan satu langkah bersama untuk menyajikan berita yang terverifikasi, cover both side, penting, dan menarik bagi pembacanya.