HIMA Kebijakan Pendidikan UNY Gelar Gembruduk#10

HIMA Kebijakan Pendidikan UNY Gelar Gembruduk10. - ist
01 Desember 2020 09:57 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Gema Mahasiswa berekspresi edukatif dan kreatif ke-10 atau yang biasa disebut Gembruduk#10 merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Kebijakan Pendidikan UNY pada Sabtu (28/11/2020) hingga Minggu (29/11/2020).

Ketua Panitia Gembruduk#10 Fahrozi Ar-Raafi’ menjelaskan kegiatan ini merupakan acara tahunan dengan tema tema baru yang diusung. Pada tahun ini Gembruduk#10 mengusung tema “Mengabdi Sepenuh Hati, Berkarya di Tengah Pandemi”. Sesuai dengan temanya, acara ini dilaksanakan Dengan unsur pengabdian kepada masyarakat di Dusun Jambu, Kalurahan Giricahyo, Kecamatan Purwosari, GunungKidul.

“Pra acara kegiatan dilaksanakan pada 20 November 2020 dengan memberikan pelatihan cuci tangan dan pembagian masker kepada siswa SD Giricahyo. Acara pertama dilaksanakan dengan penyuluhan pertanian mengenai pencegahan hama dan pembuatan pupuk alternatif. Acara hari pertama ditutup dengan pembagian bibit tanaman kepada warga,” katanya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (1/12/2020).

Ia menambahkan acara yang dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan, menggunakan masker, cuci tangan dan pengecekan suhu. Peserta sejumlah 15 orang peserta yang berasal dari kelompok tani serta beberapa panitia yang bertugas. Harapannya bisa ditularkan kepada warga yang lain.

“Penyuluhan ini penting untuk dilaksanakan karena setahun ini kegiatan pertanian di dusun jambu berhenti karena pesimis tidak ada hasil. Ditambah kondisi tanah, hama, serta cuaca yang ada,” katanya.

Ketua HIMA KP FIP UNY Fauzie Adhi Pratama berharap dengan adanya penyuluhan ini, masyarakat Giri Cahyo di dusun Jambu khususnya, mampu meningkatkan pertanian yang ada disana dan dapat mengantisipasi yang menjadi hambatan kegiatan pertanian disana. Setelah acara berlangsung kelompok Tani membuat kesepakatan untuk memulai praktik membuat pupuk alternatif untuk mengantisipasi hama yang ada di sana. Warga sangat antusias, kami dari mahasiswa merasa senang jika acara yang kami selenggarakan dapat memberikan manfaat untuk warga Dusun Jambu.

“Kegiatan ini dilaksanakan karena banyaknya warga yang masih kurang paham mengenai Bahaya virus covid-19 dan agar meningkatkan kesadaran warga mengena ibahaya virus tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara penyuluhan oleh tiga perwakilan PMI Gunungkidul kepada warga Dusun Jambu, Desa Giricahyo, Gunungkidul,” ujarnya.

Dalam penyuluhan Ini menjelaskan bagaimana cara penanganan dan pemakaman korban covid-19. Penyuluhan ini juga menekankan bahwa warga harus tetap menjaga kebersihan diri dan Selalu melakukan aktivitas yang berpotensi meningkatkan daya tahan tubuh, seperti berjemur. Serta sebagai warga kita harus tetap waspada mengenai bahaya virus covid-19 tersebut.