Advertisement

Ratusan Pemuda Diterjunkan untuk Sosialisasi Protokol Kesehatan

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 01 Desember 2020 - 12:17 WIB
Sunartono
Ratusan Pemuda Diterjunkan untuk Sosialisasi Protokol Kesehatan Para Duta Perubahan Perilaku Kulonprogo saat mengikuti pelatihan di Dapur Semar, Kapanewon Wates, Kulonprogo, Senin (30/11/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Sebanyak 200 anak muda di Kabupaten Kulonprogo didapuk menjadi Duta Perubahan Perilaku oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Tugas utama duta ini adalah untuk mensosialisasikan pentingnya penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat.

"Tugas Duta Perubahan Perilaku ini fokus mensosialisasikan disiplin 3 M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan serta yang terakhir mencuci tangan," kata Ketua Sub Bidang Sosialisasi Perubahan Perilaku Satgas Pencegahan Covid-19, Dwi Listyawardani saat ditemui awak media seusai pelatihan Duta Perubahan Perilaku Kulonprogo, di Dapur Semar, Kapanewon Wates, Senin (30/11/2020).

Advertisement

BACA JUGA : HARIAN JOGJA HARI INI: Protokol Kesehatan di Pintu

Dwi mengatakan disiplin 3 M wajib dilaksanakan di masa pandemi Covid-19. Pihaknya meyakini, jika langkah-langkah yang tertuang dalam 3 M diterapkan, bisa meminimalisir risiko penularan virus. Namun, ia melihat saat ini masyarakat mulai abai terhadap hal tersebut. Terlebih masyarakat di wilayah DIY.

Berdasarkan hasil pengamatan pihaknya, mayoritas masyarakat di DIY ngeyel dan terkesan menyepelekan protokol kesehatan sehingga berdampak pada lonjakan kasus. Oleh karena itu para pemuda setempat digerakkan untuk membantu ketugasan pemerintah dalam menggencarkan kembali sosialisasi 3 M.

Dwi mengatakan ratusan anak muda Kulonprogo yang telah didapuk sebagai duta Perubahan Perilaku itu akan diterjunkan ke masyarakat selama 14 hari. Selain bertugas mensosialisasikan disiplin 3 M, para duta juga mendata kelompok masyarakat yang enggan menerapkan protokol kesehatan. Data itu nantinya menjadi pegangangan satgas untuk melakukan tindakan lebih lanjut.

BACA JUGA : Pengiriman Barang Harus Aman, Ini Protokol Kesehatan 

Tugas yang dilakukan para duta itu kemudian dilaporkan ke aplikasi khusus yang telah disediakan Satgas. Dalam laporannya, para duta wajib menyertakan dokumentasi foto. Adapun setiap duta ditargetkan bisa mengumpulkan 250 foto dokumentasi selama menjalankan tugas tersebut. "Dalam tugas ini semua duta mendapat upah yang setimpal," ujar Dwi.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Fajar Gegana mengatakan sosialisasi perubahan perilaku di masa pandemi Covid-19 merupakan hal yang penting dan harus terus dilaksanakan. Diharapkan, masyarakat terutama yang ngeyel dan kerap melanggar protokol kesehatan bisa terbuka mata dan pikirannya untuk kemudian dapat mematuhi aturan ini demi menekan penyebaran virus agar tidak meluas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement