Jasa Raharja Cabang Yogyakarta Gelar Aksi Donor Darah Sesuai Protokol Kesehatan

Sejumlah karyawan dan pegawai PT Jasa Raharja dan Jasa Raharja Putra Cabang Yogyakarta mengikuti kegiatan bakti sosial donor darah di Kantor PT Jasa Raharja Cabang Yogyakarta, Rabu (2/12 - 2020).
02 Desember 2020 16:27 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Puluhan karyawan Jasa Raharja dan Jasa Raharja Putra Cabang Yogyakarta mengikuti kegiatan bakti sosial donor darah di Kantor PT Jasa Raharja Cabang Yogyakarta, Rabu (2/12/2020). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT ke 60 PT Jasa Raharja.

Kepala Sub Bagian Keuangan, Akuntansi dan PKBL Jasa Raharja Cabang Yogyakarta Joko Sulistyo mengatakan kegiatan aksi donor darah tersebut digelar secara serentak di seluruh kantor Jasa Raharja se Indonesia. "Kegiatan ini merupakan rangkaian HUT ke 60 Jasa Raharja tahun ini. Jumlah peserta aksi donor darah kami targetkan 50 peserta," katanya di sela-sela kegiatan.

Berbeda dengan sebelumnya, penyelenggaraan donor darah saat pandemi Covid-19 ini memerhatikan dan menerapkan protokol kesehatan. Di mana semua peserta selain wajib mengenakan masker, pendonor juga tetap diminta menjaga jarak dan mencuci tangan baik sebelum mengikuti donor darah maupun setelah melakukan donor darah. Untuk menghindari kerumunan, peserta dibagi dua shif pagi dan siang.

"Selain itu, peserta aksi donor darah juga harus melampirkan hasil rapid test non reaktif. Ini menjadi salah satu syarat untuk mencegah terjadinya penularan Covid. Dalam kegiatan ini kami mengandeng PMI Jogja," ujarnya.

Menurut Joko, aksi tersebut dilakukan selain menjadi rutinitas kegiatan setiap tahun juga sebagai salah satu kontribusi karyawan Jasa Raharja untuk membantu penyediaan dan kebutuhan stok darah di Jogja. Meskipun tahun ini hanya digelar diinternal karyawan, kata Joko, namun antusiasme mitra dan masyarakat untuk menjadi peserta sangat tinggi.

"Tetapi karena pandemi Covid-19, kami batasi pesertanya. Kami berharap tetap bisa berkontribusi mendonorkan darah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah," ujarnya.

Salah seorang peserta aksi donor darah, Agus Suryanto mengatakan ia menjadi peserta aksi donor darah setelah memenuhi seluruh persyaratan. Termasuk hasil rapid test non reaktif. "Saya rutin mengikuti kegiatan ini. Tahun lalu, sebelum pandemi juga menjadi peserta," katanya.

Selain aksi donor darah, kata Joko, Jasa Raharja juga menggelar aksi penanaman pohon di Dukuh Batur Turu, Mertelu Gedangsari Gunungkidul pada Jumat (27/11/2020). Di lokasi ini diserahkan 170 tanaman pohon alpokat dengan empat varian kepada warga setempat. Lokasi ini dipilih, kata Joko, untuk menyelamatkan lahan kritis di daerah tersebut. Sementara tanaman alpokat diberikan selain untuk penghijauan juga untuk memberikan nilai tambah bagi warga.

"Kalau musim kemarau, kondisi tanah di sana tidak bisa tumbuh. Saat musim kemarau warga juga susah mendapat air. Harapannya dengan konservasi lahan kritis ini kami dapat memberi nilai tambah secara ekonomis apalagi nilai jual buah alpokat selama ini bagus,"ujar Joko. (ADV)