Kasus Terus Melonjak, Ruang Perawatan Pasien Covid-19 di Kulonprogo Penuh

Ilustrasi. - Freepik
03 Desember 2020 06:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Ruang perawatan bagi pasien Covid-19 di dua rumah sakit rujukan Covid-19 di Kulonprogo, yakni RSUD Wates dan RSUD Nyi Ageng Serang (NAS) Sentolo sudah penuh.

Di RSUD Wates yang kapasitasnya 20 kamar telah terisi semua. Pun demikian dengan kondisi di NAS yang menyediakan empat kamar saat ini sudah penuh. "Iya sekarang seluruh kamar telah terisi," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati.

BACA JUGA : Pasien Luar Daerah Berdatangan, Penyebab Ruang Isolasi

Baning mengatakan, pihaknya telah meminta penambahan ruangan baru khusus pasien Covid-19 di RSUD Wates. Ruang yang dimaksud adalah ruang transit bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 non gejala atau pasien Covid-19 yang sudah tidak memerlukan perawatan medis. Ruangan ini juga diperuntukkan bagi kontak erat kasus yang masih menunggu keluarnya hasil swab test.

"Rencananya ada dua bangsal transit, yang mana setiap bangsal berisi 10 kamar tidur," ujar Baning.

Sedangkan untuk NAS, saat ini masih dilakukan komunikasi terkait perlu tidaknya penambahan ruangan baru. Penuhnya kamar perawatan di dua RS rujukan itu tak lepas dari lonjakan kasus Covid-19 di Bumi Menoreh. Sejak beberapa pekan terakhir, tercatat ada puluhan kasus baru, yang mana beberapa di antaranya menunjukkan gejala sehingga harus menjalani perawatan di rumah sakit.

BACA JUGA : Di Bantul, Tempat Tidur RS Rujukan Covid-19 Sudah Penuh

Merujuk data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, akumulasi penderita Covid-19 saat ini telah menembus 512 kasus dengan rincian, 278 sembuh, 189 isolasi mandiri, 35 isolasi rumah sakit dan 10 meninggal dunia.