Advertisement

Prokes Covid-19 Kewajiban Bersama

Catur Dwi Janati
Minggu, 06 Desember 2020 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Prokes Covid-19 Kewajiban Bersama Ingat pesan ibu, cuci tangan dengan sabun. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kenaikan jumlah kasus Covid-19 yang meningkat di Kota Jogja membuat Pemkot Jogja kembali ingatkan masyarakat perihal penerapan protokol kesehatan. Prokes bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah namun juga masyarakat semuanya.

Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti pada peresmian pembangunan Pasar Prawirotaman pada Jumat (4/12/2020) malam menegaskan jika prokes bukan hanya kewajiban pemerintah saja. Pencegahan Covid-19 harus dilakukan bersama agar sukses tekan paparan kasus. "Prokes itu bukan hanya kewajiban pemerintah, tetapi juga kewajiban kita semua seluruh warga masyarakat termasuk pemerintah," tegasnya.

Advertisement

Menurut Haryadi menjaga prokes 4M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga Jarak, dan Menjauhi kerumunan) tetap berjalan lancar dan baik sangatlah penting. "Protokol kesehatan ini agar bisa terlaksana dengan baik dan juga bisa terawasi dengan baik. Ini penting karena kita ketahui bersama dari berbagai media bahwa pelonjakan yang cukup tinggi di wilayah Kota Jogja khususnya dan DIY umumnya," ujarnya.

Penegakan prokes 4M dan pemulihan ekonomi memang seharusnya berjalan beriringan. Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi menyampaikan bahwa pemulihan ekonomi tidak bisa dilepaskan dari protokol kesehatan Covid-19 4M terlebih di bidang pariwisata. "Artinya dalam masa pandemi ini tempat yang akan dikunjungi masyarakat adalah yang aman dan nyaman. Yaitu yang dengan serius menjaga dan melindungi pengunjung," jelasnya.

"Artinya tempat yang akan dikunjungi masyakat adalah yang menerapkan Prokes Covid-19 [4M] dengan serius. Masyarakat akan senang dan lebih bergembira jika destinasi wisata, hotel, resto, kafe atau tempat-tempat umum itu serius melindungi mereka. Maka tetap terapkan prokes Covid-19 4M dengan baik dan serius. Karena itu jaminan kita, sebagai upaya melindungi tamu dan warganya," tegasnya.

Heroe berpandangan jika masyarakat tidak akan mendatangi tempat-tempat yang tidak menerapkan prokes Covid-19 4M dengan baik. "Mereka akan khawatir dan ketakutan, jika ketemu tempat-tempat yang dirasakan berisiko seperti itu. Beri penghormatan kepada tamu dengan senyuman dan prokes Covid-19 yang benar," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilgub Jakarta 2024, Demokrat Bakal Calonkan Dede Yusuf

News
| Jum'at, 19 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement