Advertisement

KABAR KAMPUS: Tim Garuda UNY Raih 2 Gelar di Kontes Mobil Hemat Energi

Nina Atmasari
Selasa, 08 Desember 2020 - 21:27 WIB
Nina Atmasari
KABAR KAMPUS: Tim Garuda UNY Raih 2 Gelar di Kontes Mobil Hemat Energi Tim Garuda UNY. - Ist/dok uny.ac.id

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pandemi Covid-19 tidak menurunkan semangat para mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang tergabung dalam Garuda UNY Team. Terbukti, mereka berhasil menorehkan prestasi dalam ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2020 yang dilaksanakan secara daring di Universitas Indonesia pada 26-30 November 2020.

Dalam kontes tersebut, Garuda UNY Team berhasil membawa meraih dua gelar juara yaitu juara 1 Kriteria Internal Combustion Engine dan Transmisi serta Juara 3 Kriteria Overall pada hari Senin, 30 November 2020.

Advertisement

Manager KMHE GUT 2020, Kesit Bayu Purnomo mengatakan bahwa meski masih dalam masa pandemi, koordinasi tim tetap solid dan kompak. Dalam hal ini advisor juga sangat berperan dalam memantau progress pekerjaan tim.

Baca juga: Apa Saja Kandungan Vaksin Covid-19? Ini Penjelasannya

"Tantangan yang dialami GUT dalam kompetisi ini adalah harus bisa belajar hal baru dengan cepat dan mengejar target karena KMHE pada tahun sebelumnya diadakan offline," kata Kesit Bayu yang merupakan mahasiswa otomotif semester 3 ini, dikutip dari uny.ac.id.

Tahapan demi tahapan telah dilalui oleh tim. Kesit Bayu mengakui bukan hal mudah bagi tim ini untuk menang sebab mereka harus beradu dengan tim unggulan kampus-kampus di Indonesia.

Namun, meskipun masih dalam suasana pandemi, Garuda UNY Team tetap berinovasi dan mempersiapkan semua kompetisi dengan maksimal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Menaker Sebut Pekerja yang Masuk saat Pilkada 2020 Berhak Dapat Upah Lembur

Tahapan yang harus ditempuh adalah mendaftar sebagai peserta KMHE 2020, merancang desain kendaraan, menyusunan laporan desain kendaraan dengan sangat teliti, dinobatkan sebagai finalis Kriteria Internal Combustion Engine dan Transmisi serta Kriteria Overall hingga menyiapkan presentasi sebagai finalis dengan waktu terbatas.

Kini Garuda UNY Team patut berbangga atas capaian yang diraih melalui usaha kerasnya. Tim ini mampu melalui tahap demi tahap yang diberikan oleh penyelenggara KMHE 2020 dan menjadi yang terbaik dari yang terbaik di masa pandemi ini.

Dalam KMHE 2020 yang bertema “Energi Untuk Negeri” ini, Garuda UNY Team berkompetisi dengan 110 tim lain dari 74 perguruan tinggi se-Indonesia. Kontes ini dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori prototype dan urban concept.

Kedua kategori tersebut juga memiliki beberapa kriteria yang dilombakan di antaranya Kritera Perancangan Aerodinamika Body, Kriteria Perancangan Body dan Sasis, Kriteria Sistem Kemudi dan Pengereman, Kriteria Internal Combustion Engine dan Transmsi, Kriteria Motor Listrik dan Sistem Kontrol, Kriterian Rancangan Proses dan Manajemen Produksi, dan Kriteria Overall. Garuda UNY Team sendiri menjuarai desain kendaraan Kategori Urban Concept pada Kriteria 4 yaitu Internal Combustion Engine dan Transmisi serta Kriteria Overall.

Kesit Bayu berharap dengan mengikuti kompetisi KMHE dengan hasil seperti ini maka tantangan ke depan harus bisa mempertahankan juara dan mengembangkan inovasi. Terlebih setelah KMHE ini Garuda UNY Team harus mempersiapkan diri untuk kompetisi selanjutnya yaitu Shell Eco-Marathon (SEM), Student Formula Japan (SFJ), dan International Student Car Competition (ISCC).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement