Istri Adik Sultan Jogja Meninggal Dunia, Positif Covid-19

Ilustrasi. - Reuters
08 Desember 2020 22:20 WIB Hafit Yudi Suprobo Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Kabar duka datang dari Kraton Jogja. Bendara Raden Ayu (BRAy) Roswarini Prabukusumo meninggal dunia di RSUP Dr Sardjito pada Selasa (8/12/2020) pukul 19.30 WIB malam. BRAy Roswarini merupakan istri GBPH Prabukusumo yang juga adik Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Mendiang dirawat di rumah sakit setelah terpapar Covid-19.

Kabag Hukum dan Humas RSUP Dr. Sardjito Banu Hermawan membenarkan soal meninggalnya istri dari Gusti Bendara Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo yang tidak lain merupakan adik dari Sri Sultan HB X di RSUP Dr Sardjito pada Selasa (8/12/2020) sekitar pukul 19.30 wib malam.

KABAR DUKA :Keluarga Kraton Berduka, GBRAy Murdokusumo Wafat

"Saya membenarkan jika Bendara Raden Ayu Prabukusumo itu memang meninggal dunia pada pukul 19.30 wib," ujar Banu saat dikonfirmasi pada Selasa (8/12/2020) malam.

Kondisi Bendara Raden Ayu (BRAy) Roswarini Prabukusumo, lanjut Banu, menurun sejak sore tadi sekitar asar. Sehingga, Bendara Raden Ayu (BRAy) Roswarini dinyatakan meninggal dunia pada Selasa (8/12/2020) sekitar pukul 19.30 wib malam.

"Penyebab kematiannya adalah perdarahan aneurysma abdomen menjadi faktor utama meninggalnya Bendara Raden Ayu Prabukusumo dengan penyakit penyerta yakni Covid-19 derajat sedang, jadi bukan karena Covid-19 meninggalnya," jelasnya.

Rencana pemakaman sendiri RSUP Dr Sardjito masih berkoordinasi dengan keluarga dari Bendara Raden Ayu (BRAy) Roswarini Prabukusumo. Mendiang Bendara Raden Ayu (BRAy) Roswarini sendiri dirawat sekitar 20 hari di RSUP Dr Sardjito.

BACA JUGA : GKR Bendara Ungkap Suka Duka Menjadi Anak Bungsu

"Rencana pemakaman masih koordinasi dengan keluarga, karena belum ditentukan ini, jelas itu pemakaman [dengan menggunakan menggunakan protokol pencegahan penularan Covid-19]," jelasnya.

Mendiang Bendara Raden Ayu (BRAy) Roswarini Prabukusumo sendiri dirawat selang tiga hari setelah sang suami yakni Gusti Bendara Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo masuk ke RSUP Dr Sardjito karena terpapar Covid-19.

"Kalau kondisi beliau [GBPH] Prabukusumo sudah bagus, walau pun masih kami pantau dan masih dalam perawatan, sudah dipindahkan ke ruang perawatan [tidak diisolasi]," katanya.