Advertisement

Calon Pemilih Pilkada Diimbau Bawa Alat Tulis Sendiri

David Kurniawan
Selasa, 08 Desember 2020 - 15:17 WIB
Budi Cahyana
Calon Pemilih Pilkada Diimbau Bawa Alat Tulis Sendiri Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Ketua KPU Gununungkidul Ahamdi Ruslan Hani memastikan pemungutan suara di pilkada akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Para pemilih diimbau membawa alat tulis sendiri.

"Agar tidak gonta-ganti yang memegang, sebaiknya bawa alat tulis sendiri. Tapi kami juga menyediakan untuk mengisi daftar hadir," kata Hani kepada wartawan, Selasa (8/12/2020).

Advertisement

Protokol kesehatan seperti menjaga jarak, penggunaan masker hingga kas tangan harus benar-benar dipatuhi. "Ini tidak hanya untuk petugas KPPS, masyarakat juga wajib mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Pemungutan suara rencananya dimulai pukul 07.00 WIB sampai 13.00 WIB. Warga yang tidak masuk dalam daftar pemilih tetap dan akan memilih menggunakan KTP-el dipersilahkan datang mulai pukul 12.00-13.00 WIB. "Pemilih yang akan menggunakan KTP akan masuk dalam daftar pemilih tambahan," katanya.

Menurut dia, ketersediaan surat suara bukan masalah karena di setiap TPS disediakan cadangan sebanyak 2,5% dari jumlah pemilih yang ada. "Cadangan ini untuk antisipasi adanya pemilih tambahan," kata Hani.

Anggota KPU Gunungkidul Andang Nugroho mengatakan sudah melakukan simulasi pwmilihan di TPS. Ia memastikan, pelaksanaan pemilihan akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebagai contoh, pada saat datang ke TPS, pemilih akan dicek suhu tubuhnya dan diberi sarung tangan plastik. "Kami juga menyediakan fasilitas cuci tangan. Tinta sebagai tanda sudah menggunakan hak pilih tidak akan dicelup, tapi diteteskan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement