Kepatuhan Protokol Pencegahan Covid-19 Kunci Bangkitkan Ekonomi

Ingat pesan ibu, cuci tangan dengan sabun. - Antara
10 Desember 2020 17:17 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY, Parjiman, mengajak seluruh masyarakat disiplin menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Kedisiplinan pada protokol akan mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Parjiman mengatakan kegiatan ekonomi saat ini masih memerlukan pergerakan manusia terutama di DIY yang dipengaruhi dua sektor utama yaitu pariwisata dan pendidikan. “Saat ini pergerakan manusia tersebut wajib diikuti dengan penerapan protokol kesehatan, jika tidak menginginkan terjangkit virus Covid-19,” ucap Parjiman, Kamis (10/12/2020).

Parjiman mengatakan dibukanya beberapa destinasi wisata di DIY mulai triwulan ketiga,  sudah bisa dilihat hasilnya. Kontraksi ekonomi DIY triwulan tiga lebih rendah dari pada triwulan dua. Jika triwulan dua paling dalam kontraksinya yaitu 6,72%, triwulan tiga sudah mulai pemulihan meski masih kontraksi sebesar 2,84%.

Kondisi perbankan sendiri saat ini juga dalam kondisi yang baik, dana pihak ketiga tumbuh 9,37% pada September 2020 (yoy) dan kredit juga tumbuh 2,81%, walau belum sebaik waktu sebelum pandemi.

“Tentunya pemulihan ekonomi ini akan berlanjut jika masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan. Jika masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M [memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan] pemulihan ekonomi akan terus berlanjut karena kegiatan-kegiatan ekonomi seperti perdagangan,  perhotelan, transportasi dan yang lainnya, dengan percaya diri akan bangkit atau berjalan kembali,” ucapnya.