STTA Gelar Senatik 2020 Bertema Keselamatan Penerbangan di Masa Pandemi Covid-19

Ketua STTA saat memberikan sambutan dalam kegiatan Senatik 2020 dengan tema "Keselamatan Penerbangan Di Masa Pandemi COVID-19". - Ist/STTA
10 Desember 2020 12:47 WIB Media Digital Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) menyelenggarakan Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Kedirgantaraan (Senatik) 2020, pada hari Kamis (10/12/2020), dengan tema “Keselamatan Penerbangan Di Masa Pandemi Covid-19”.

Seminar ini dilaksanakan dalam jangka waktu setahun sekali dan digunakan untuk publikasi karya ilmiah, penelitian, tesis dan desertasi dari dosen, praktisi dan peneliti. Sebagai institusi yang memiliki ciri khas kedirgantaraan, maka setiap pelaksanaannya mengambil temanya dalam lingkup teknologi informasi dan kedirgantaraan.

Senatik diselenggarakan untuk mendukung pengembangan teknologi informasi yang mendukung dunia kedirgantaran khususnya di Indonesia. Makalah dari hasil seminar yang disusun oleh para pemakalah yang memiliki kompetensi dengan tema sama ini akan dipublikasikan secara offline dan online melalui Proceeding Senatik dan diharapkan dapat menjadi bahan rujukan untuk penelitian di bidang teknologi informasi dan kedirgantaraan sehingga tujuan dari riset dapat tercapai.

Pada masa Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang sangat besar terhadap seluruh sektor kehidupan di dunia. Sektor ekonomi, industri, pariwisata dan transportasi menjadi sektor yang paling terpukul karena terjadi pertumbuhan yang negatif. Khusus sektor transportasi udara nasional terjadi penurunan hampir 80% .

Industri penerbangan melesu setelah penerapan karantina wilayah di seluruh dunia akibat pada pembatasan jumlah penerbangan dan penumpang. Demi menjaga kesehatan maka protokol kesehatan diterapakan oleh beberapa maskapi antara lain, pemakaian masker, rapid tes sebelum naik pesawat dan layanan makanan atau minuman untuk penerbnagan jarak pendek di batasi. Penurunan tersebut kita harapkan terjadi tidak terlalu lama.

Seiring dengan berkurangnya penyebaran Covid-19, kita optimis secara perlahan minat penumpang yang menggunakan transportasi udara juga akan meningkat. Dalam kondisi yang sedang sulit seperti ini industri dirgantara diharapkan dapat tetap bertahan dan menyiapkan strategi yang tepat untuk dapat nantinya kembali dapat bertumbuh dengan cepat saat pandemik usai.

Seminar yang menghadirkan pemateri, Prof. Dr. Ir.Agus Taufik Mulyono, S.T.,M.T.,IPU.,ASEAN Eng., yang merupakan Guru Besar Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Gajahmada (UGM) dan Capt. Nurcahyo Utomo,Dip.TSI., Ketua Sub-Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Kegiatan yang dibuka dengan sambutan oleh Ketua STTA, Marsda TNI (Purn) Dr. Ir. Drs. T. Ken Darmastono ,M.Sc.Berpusat di ruang Pluto STTA Yogyakarta, dengan menggunakan aplikasi meeting online Zoom, Facebook dan Channel Youtube STTA ini diikuti oleh 300 peserta dan pemakalah yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan khalayak umum.

Tujuan diselengarakannya Senatik 2020 ini adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia yang handal di bidang teknologi dan kedirgantaraan, mempertemukan praktisi, peneliti, dan akademis untuk menyajikan, berdiskusi, dan menyampaikan ide baru dari hasil penelitian yang berhubungan dengan transformasi teknologi dan kedirgantaraan didalam mewujudkan pertahanan nasional, dan juga untuk mengajak masyarakat untuk memahami pentingnya Keselamatan Penerbangan Di Masa Pandemi Covid-19. (adv)