Advertisement

Kontak Erat dengan Pasien Positif Covid-19, 51 ASN di Bantul Wajib Isolasi Mandiri

Ujang Hasanudin
Senin, 14 Desember 2020 - 13:17 WIB
Sunartono
Kontak Erat dengan Pasien Positif Covid-19, 51 ASN di Bantul Wajib Isolasi Mandiri Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Sebanyak 51 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah Bantul wajib melakukan isolasi mandiri setelah kontak erat dengan salah satu pasien positif di salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covi-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso mengatakan ke-51 itu itu berasal dari salah satu OPD, namun tidak dalam satu kantor, “Ada 51 orang [yang harus isolasi mandiri setelah kontak erat dengan pasien positif Covid-19], tetapi tidak berada dalam satu kantor, hanya berasal dari satu OPD,” kata Sri Wahyu, saat dihubungi Senin (14/12/2020).

Advertisement

BACA JUGA : Ini Update Covid-19 Terbaru di Bantul

Pria yang akrab disapa Oki ini tidak menyebut OPD mana yang terpapar Covid-19. Namun dia mengatakan awalnya hanya satu orang yang terkonfirmasi positif di OPD tersebut. Akan tetapi empat hari sebelum pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut sempat mengikuti rapat-rapat sehingga pihaknya melakukan tracing atau penelusuran yang berkontak erat dan hasilnya ada 51 orang.

Ke-51 orang tersebut harus mengisolasi mandiri di rumah selama 14 hari, “Isolasi sejak Sabtu [pekan lalu],” ucap Oki. Puluhan ASN tersebut menjalani tes swab di Puskesmas Bantul I di Jalan Wahid Hasyim, Bantul.

Sementara itu angka positif Covid-19 di Bantul masih terus bertambah dan posisi Bantul sampai saat ini masih dalam zona merah atau zona resiko tinggi penularan Covid-19 atau penularan Covid-19 tidak terkendali.

BACA JUGA : Sehari Kasus Covid-19 di Bantul Bertambah 9 Orang

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Bantul, angka positif Covid-19 di Bumi Projotamansari tembus 2.100 orang per 13 Desember 2020. Dari jumlah tersebut sembuh 1.720 orang, meninggal dunia 65 orang, dan 324 orang masih dalam perawatan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Helmi Jamharis dalam beberapa kesempatan meminta warga untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan minimal dengan selalu mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin, dan menjaga jarak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement