Bunderan UGM-GSP Lurus ke Gunung Merapi, Apakah UGM Masuk Sumbu Filosofis Yogyakarta?

Foto yang menunjukkan jalan masuk UGM lurus menuju Gunung Merapi. - Ist/dok instagramm @ubotch_subhan
15 Desember 2020 05:57 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Di Jogja dikenal sebuah keunikan tata kota yakni adanya Garis Imajiner Yogyakarta. Garis yang juga sering disebut juga sebagai Sumbu Filosofis Yogyakarta ini merupakan sebuah garis tegak imajiner (khayal) di Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Garis ini memanjang dari utara ke selatan yang menghubungkan Gunung Merapi di utara dengan Pantai Parangkusumo ataupun Pantai Parangtritis di selatan melewati Keraton Ngayogyakarta.

Namun, di luar informasi tentang garis imajiner tersebut, tahukah Anda bahwa ada satu lagi keunikan tata ruang yang ada di Jogja? Ini adalah keunikan di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Keunikan tersebut baru-baru ini diungkap kembali oleh sebuah foto yang beredar di media sosial. Foto tersebut menunjukkan bahwa jalan masuk ke UGM dari bundaran UGM menuju Grha Sabha Pramana (GSP) merupakan sebuah garis lurus yang jika ditarik lebih jauh lagi merupakan garis lurus ke Gunung Merapi.

Foto tersebut dibagikan oleh akun instagram @ubotch_subhan pada 10 Desember 2020. Akun tersebut membagikan foto yang diambil menggunakan drone, berupa foto dengan perspektif burung yang memotret dari atas bundaran UGM dengan arah pandang ke utara.

Hasilnya, berupa pemandangan jalan masuk dan keluar kampus tersebut, tampak lurus dengan Gunung Merapi yang berada di ujung Sleman, perbatasan dengan Jawa Tengah. Gunung Merapi tampak berada di atas atap Grha Sabha Pramana (GSP) yang berada di ujung jalan masuk kampus tersebut.

Dua ruas jalan yang merupakan jalan masuk dan jalan keluar kampus itu lurus dan simetris dengan taman di tengahnya. Tampak pula dua gapura yang berdiri di kanan dan kiri jalan masuk tersebut yang juga simetris, menghasilkan tata ruang kota yang indah dan diukur dengan tepat.

Melihat fenomena tersebut, kemudian muncul pertanyaan, apakah UGM berada di garis Sumbu Filosofis Yogyakarta? Jawabannya adalah: tidak.

Ada sudut meleset kecil jika ditarik garis imajiner dari Keraton Ngayogyakarta menuju Gunung Merapi saat melewati UGM. Hal itu seperti diungkap oleh Agus Sasmito Hariawan dalam blognya agussas.wordpress.com. Dalam sebuah tulisannya berjudul Fakta : Hubungan Antara Bunderan UGM, GSP-Rektorat, Keraton Jogja, dan Gunung Merapi, ia mengulas tentang hubungan garis imajiner tersebut.

Sumber foto: agussas.wordpress.com

Melalui penjelajahan di Google Earth, ia menarik garis lurus jalan masuk UGM (dari bundaran UGM ke GSP), memang lurus ke Gunung Merapi. Di sisi lain, ia kemudian menarik garis lurus dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ke Gunung Merapi. Garis yang kedua ini memang melewati kampus UGM, namun saat dilihat lebih dekat, garis ini tidak lurus atau tidak berimpitan dengan garis dari bundaran UGM ke Gunung Merapi. Ada selisih sedikit dari dua garis tersebut.

Sumber foto: agussas.wordpress.com

Nah, bagi Anda yang penasaran, saat melintas di bundaran UGM, cobalah menengok ke arah utara. Jika cuaca cerah, maka Anda akan melihat Gunung Merapi di ujung jalan masuk UGM. Semoga beruntung!