Dilantik, Pengurus PWI DIY 2020-2025 Teguhkan Komitmen Sinergi dengan Masyarakat

Hudono SH (kiri) menerima bendera PWI DIY dari Atal S Depari dalam pelantikan di The Rich Jogja Hotel, Jalan Magelang Sleman, Kamis (17/12/2020). - Ist/dok
17 Desember 2020 22:47 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY masa bakti 2020-2025 dilantik langsung oleh Ketua Umum Pengurus Pusat PWI Atal S Depari di The Rich Jogja Hotel, Jalan Magelang Sleman, Kamis (17/12/2020). Pelantikan ditandai penyerahan bendera PWI DIY oleh Atal S Depari kepada Ketua PWI DIY Hudono.

Hudono mengatakan PWI DIY terus meneguhkan komitmennya untuk berkarya dan bersinergi dengan masyarakat. Masa pandemi ini justru menjadi ujian bagi PWI DIY untuk meningkatkan profesionalisme dengan tetap bersikap independen. "Pelantikan ini momentum bagi PWI DIY untuk bangkit dan menjadi pelopor perubahan menuju kejayaan masyarakat dan bangsa," ujarnya.

Sejumlah program prioritas PWI DIY periode 2020-2025 antara lain mengawal pembangunan Grha Pers Pancasila sekaligus mengawal pembentukan Lembaga Pengembangan Pers Pancasila. Kemudian membentuk Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers dan pemberdayaan ekonomi wartawan dengan mengoptimalkan unit-unit usaha PWI DIY.

Baca juga: Bikin Kerumunan, Tempat Hiburan di Kota Jogja Ditutup Paksa Aparat

"PWI DIY juga mengajak seluruh mitra kerja untuk memperkuat jalinan kerja sama yang konstruktif melalui program-program yang bermanfaat bagi masyarakat," ujar Hudono.

Atal S Depari mengatakan, PWI adalah organisasi yang mengemban misi terwujudnya kehidupan pers nasional yang merdeka, profesional, bermartabat dan memegang kode etik wartawan Indonesia. Keberadaan pengurus PWI adalah untuk mengabdikan sebagai pelaku pers yang profesional untuk kemajuan organisasi, masyarakat dan negara.

"Maka kepercayaan ini harus dipertanggungjawabkan secara sungguh-sungguh," katanya. Atal juga mengusulkan program PWI DIY Peduli yang bergerak di bidang sosial dan program PWI DIY Award bagi tokoh-tokoh yang sudah memberi kontribusi positif bagi masyarakat DIY.

Sedangkan, Gubernur DIY Sri Sultan HB X dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Gubernur DIY Paku Alam X secara virtual mengucapkan selamat atas pelantikan Pengurus PWI DIY masa bakti 2020-2025. Menurutnya, objektivitas dan keadilan merupakan ruh dari jurnalisme yang sesungguhnya. PWI harus bisa menjadi yang terdepan memperjuangkan marwah pers di Indonesia.

Baca juga: Liburan ke Malioboro, Wisatawan Diperiksa di Gate Zonasi

Di era information society ini, pers harus mampu melawan hoaks yang mengancam eksistensi negara. Tantangan PWI adalah melawan hoaks dengan menyajikan berita yang konstruktif, edukatif dan positif. "Semoga PWI DIY semakin solid, berkembang dan menghasilkan insan pers yang profesional, dedikatif dan kreatif menyongsong Era Society 5.0," katanya.

Di sela acara pelantikan, diserahkan Kartu Anggota Kehormatan PWI oleh Atal S Depari untuk tiga orang. Yaitu Penasehat PWI DIY, Achiel Suyanto dan Prof Dr Sudjito, serta Chairman Muncul Group Soekeno.

Hadir dalam acara pelantikan antara lain, Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yulianto, Kapenrem 072 Pamungkas Mayor Czi Agus Sriyanta, Ketua Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) DIY Sri Suryawidati Idham Samawi. Setelah pelantikan dilanjutkan rapat kerja pengurus. Acara pelantikan dan raker dengan menerapkan protokol kesehatan.

Acara pelantikan didukung oleh Muncul Group, The Rich Jogja Hotel, Gembira Loka Zoo, Bank BRI, Law Office Achiel Suyanto S & Partners, Anggota Komisi VII DPR RI Drs HM Gandung Pardiman MM, Persaudaraan Penasihat Hukum Indonesia (Peradi), Melia Purosani Yogyakarta dan PT Anwid Graha.