Tahun Baru, Jam Operasional Objek Wisata di Bantul Dibatasi Sampai 18.00 WIB

Foto ilustrasi: Wisatawan bermain dan berenang di Pantai Parangtritis, Bantul. - Harian Jogja/Desi Suryanto
18 Desember 2020 04:37 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Pemerintah Kabupaten Bantul akan membatasi jam operasional objek wisata saat libur Tahun Baru 2021. Pembatasan tersebut untuk meminimalisir penularan Coronavirus Disease (Covid-19) karena angka penularan Covid-19 di Bumi Projotamansari masih cukup tinggi.

Pelaksana Tugas Asisten Sekda Bidang Pemerintahan, Hermawan Setiaji mengatakan pembatasan jam operasional semua objek wisata di Bantul baru akan diputuskan dalam rapat Jumat (18/12/2020), namun sudah ada dua opsi jam pembatasan, yakni sampai pukul 17.00 WIB atau pukul 18.00 WIB.

“Yang jelas semua operasional objek wisata dibatasi. Setelah itu [setelah lewat jam pembatasan] semua wisatawan yang ada di dalam objek wisata akan diminta pulang,” kata Hermawan, saat dihubungi Kamis (17/12/2020).

Baca juga: Protokol Kesehatan Diyakini Dongkrak Okupansi Hotel di Palembang

Dia memastikan tidak mengizinkan adanya perayaan di malam Tahun Baru 2021 di semua objek wisata. Bahkan pihaknya bersama sejumlah stake holder terkait akan mensterilkan tempat-tempat wisata di malam Tahun Baru. “Intinya tidak ada wisata malam. Kalau ada sudah pasti tidak ada izin,” ucap Hermawan.

Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul, Annihayah tidak mempersoalkan adanya pembatasan jam operasional objek wisata karena memang faktanya penularan Covid-19 di Bantul masih terjadi. Pada malam tahun baru pihaknya sudah mempersiapkan konser virtual dengan menghadirkan grup musik lokal Darboy Band dengan tema New Normal, New Year and New Spirit.

Baca juga: Ditangkap KPK, Calon Petahana Ini Tetap Raup Banyak Suara di Pilkada 2020

Kepala Seksi Atraksi Wisata pada Bidang Pengembangan Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata Bantul, Joko Wintolo mengatakan pandemi Covid-19 diperkirakan masih terjadi sampai liburan Natal dan Tahun Baru 2021 mendatang, sehingga atraksi wisata untuk menghibur wisatawan di beberapa objek wisata seperti yang digelar rutin di tahun-tahun sebelumnya terpaksa ditiadakan.

Sebagai gantinya, Dinas Pariwisata menggelar konser virtual dengan menghadirkan grup musik lokal Darboy Band. “Konser Darboy Band bisa disaksikan langsung melalui youtube dan media sosial Dinas Pariwisata,” kata Joko, Senin (23/11/2020).