Razia Rapid Test Antigen di DIY Tidak di Perbatasan, tetapi Hotel & RT

Ilustrasi - Harian Jogja/Desi Suryanto
21 Desember 2020 16:37 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pengecekan hasil rapid test atau swab antigen untuk wisatawan yang hendak memasuki wilayah DIY bukan di perbatasan, melainkan di hotel dan RT tempat tinggal. Menurut anggota Satuan Polisi Pamong Praja, Gunadi, pengecekan rapid test antigen untuk wisatawan luar DIY berlangsung dari 18 Desember 2020 sampai 8 Januari 2021.

“Wisatawan yang masuk ke DIY untuk melakukan swab antigen. Namun kami tidak langsung mencegat di perbatasan, nanti pengecekan di hotel dan RT,” kata Gunadi saat di temui di kawasan Malioboro pada Minggu (20/12).

BACA JUGA: Dua Lurah di Gunungkidul Diberhentikan Sementara karena Korupsi

Gunadi mengatakan masyarakat, khususnya ketua RT, harus selektif terhadap warganya yang datang. “Kami ada tim supervisi yang akan mendatangi ke hotel-hotel untuk pengecekan,” kata Gunadi. “Masyarakat yang hendak berkunjung ke Jogja, yang tidak penting sekali tidak perlu ke luar daerah. Kalau memang terpaksa, maka taati aturan.”

Salah satu wisatawan, Fairuz Zahiliani, 19, tidak melihat adanya pengecekan petugas saat memasuki wilayah DIY. Perempuan asal Brebes ini mengendarai motor untuk memasuki wilayah DIY pada 20 Desember 2020. “Tidak ada pengecekan [dari petugas saat masuk DIY],” kata Fairuz.

Wisatawan lain, Melly Nuvita, 40, tiba di DIY pada Sabtu (19/12/2020). Sesampainya di hotel tempat menginap, perempuan asal Bogor ini tidak menerima pengecekan rapid test antigen. “Tidak ada cek antigen, cek kesehatan biasa saja di hotel,” kata Melly pada Minggu.