Advertisement

500 Personel Polres Kulonprogo Diterjunkan untuk Tertibkan Prokes Pencegahan Covid-19

Jalu Rahman Dewantara
Senin, 21 Desember 2020 - 16:27 WIB
Budi Cahyana
500 Personel Polres Kulonprogo Diterjunkan untuk Tertibkan Prokes Pencegahan Covid-19 Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Polres Kulonprogo mengerahkan 500 personel dalam pelaksanaan Operasi Lilin 2020 guna mengamankan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Para personel ini tidak hanya mengatur kepadatan arus kendaraan dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), tapi juga memantau penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun, di tempat-tempat umum.

Advertisement

"Selain menjaga kamtibmas, petugas di lapangan juga akan memantau pelaksanaan prokes di fasilitas publik, sebagai upaya mencegah terjadinya klaster baru," kata  Wakapolres Kulonprogo, Kompol Sudarmawan, kepada wartawan Senin (21/12).

Para personel itu bertugas selama 15 hari terhitung sejak hari ini sampai dengan 4 Januari 2021 mendatang. Dalam pelaksanaannya, turut melibatkan TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Satlinmas Rescue Istimewa, Brimob dan sejumlah sukarelawan.

Polres juga mendirikan posko pengamanan (pospam) dan posko pelayanan (posyan). Pospam ditempatkan di sejumlah titik rawan seperti Simpang Tiga Demen, ruas Jalan Wates-Purworejo dan di gereja-gereja besar di Kulon Progo. Sementara posyan ada di obyek wisata Kalibiru, Kapanewon Kokap.

Sudarmawan menjelaskan Tim Gegana Satbrimobda Polda DIY juga akan melakukan sterilisasi di tujuh gereja dengan jumlah jemaah yang banyak di Kulonprogo seperti di Kalibawang, Nanggulan, Sentolo, Wates dan Temon. Sterilisasi itu akan dilakukan sebelum pelaksanaan misa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement