500 Personel Polres Kulonprogo Diterjunkan untuk Tertibkan Prokes Pencegahan Covid-19

Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Antara
21 Desember 2020 16:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Polres Kulonprogo mengerahkan 500 personel dalam pelaksanaan Operasi Lilin 2020 guna mengamankan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Para personel ini tidak hanya mengatur kepadatan arus kendaraan dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), tapi juga memantau penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun, di tempat-tempat umum.

"Selain menjaga kamtibmas, petugas di lapangan juga akan memantau pelaksanaan prokes di fasilitas publik, sebagai upaya mencegah terjadinya klaster baru," kata  Wakapolres Kulonprogo, Kompol Sudarmawan, kepada wartawan Senin (21/12).

Para personel itu bertugas selama 15 hari terhitung sejak hari ini sampai dengan 4 Januari 2021 mendatang. Dalam pelaksanaannya, turut melibatkan TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Satlinmas Rescue Istimewa, Brimob dan sejumlah sukarelawan.

Polres juga mendirikan posko pengamanan (pospam) dan posko pelayanan (posyan). Pospam ditempatkan di sejumlah titik rawan seperti Simpang Tiga Demen, ruas Jalan Wates-Purworejo dan di gereja-gereja besar di Kulon Progo. Sementara posyan ada di obyek wisata Kalibiru, Kapanewon Kokap.

Sudarmawan menjelaskan Tim Gegana Satbrimobda Polda DIY juga akan melakukan sterilisasi di tujuh gereja dengan jumlah jemaah yang banyak di Kulonprogo seperti di Kalibawang, Nanggulan, Sentolo, Wates dan Temon. Sterilisasi itu akan dilakukan sebelum pelaksanaan misa.