Advertisement

Fasilitas Infrastruktur untuk Kualitas dan Diseminasi Riset Pangan

Media Digital
Selasa, 22 Desember 2020 - 09:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Fasilitas Infrastruktur untuk Kualitas dan Diseminasi Riset Pangan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN), Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro melakukan peninjauan BPTBA pada Jumat,18 Desember 2020. - Ist/LIPI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Penelitian Teknologi Bahan Alam (BPTBA) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) adalah satuan kerja LIPI yang salah satu tugas dan fungsinya adalah melakukan inovasi dan diseminasi teknologi kepada masyarakat, termasuk meningkatkan daya saing sektor industri dan IKM/UKM.

“Kebutuhan pangan akan terus-menerus dicari untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Maka, perlu dilakukan pengembangan teknologi pangan yang dapat bermanfaat bagi produsen hingga konsumen,” tutur Kepala LIPI Laksana Tri Handoko.

Advertisement

Dalam memfasilitasi pengembangan teknologi pangan dilaksanakan pembangunan infrastruktur yakni pengembangan laboratorium pangan. “Dalam 10 tahun terakhir, lebih dari 100 IKM/UKM dan kelompok masyarakat telah memanfaatkan hasil-hasil penelitian dari BPTBA LIPI,” sebutnya.

Kepala BPTBA LIPI, Satriyo Krido Wahono mengatakan, salah satu teknologi yang telah dimanfaatkan secara luas adalah teknologi pengalengan makanan tradisional. “Teknologi yang dapat mempertahankan kualitas makanan yang dikalengkan menjadi awet hinggalebih dari satu tahun ini telah diaplikasikan untuk lebih dari 200 jenis makanan tradisional yang ada di Indonesia,” paparnya.

Tahun ini, ia menyebutkan, BPTBA LIPI berkolaborasi dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Daerah Istimewa Yogyakarta (BBPOM DIY), Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Disperindag dan Dinkop UKM), danIKM/UKM olahan pangan yang ada di Jogja untuk melakukan proses percepatan ijin edar 26 produk pengalengan makanan.“Proses itu mencakup kegiatan pra riset, riset, dan pengurusan ijin edar MD BPOM dalam kurun waktu tiga bulan. Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan daya saing dan jangkauan pemasaran produk UMKM olahan makanan tradisional di masa pandemiCovid-19 dengan keunggulan produk menjadi lebih awet,” terangnya.

Lebih lanjut Satriyo menerangkan, untuk mendukung peningkatan kualitas riset teknologi pangan dan eksplorasi sumber pangan Indonesia, BPTBA LIPI akan dilengkapi dengan fasilitas c-GMP. “Saat ini fasilitas tersebut sedang dalam tahap pembangunan melalui skema hibah Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dan diharapkan selesai pada akhir 2021,” jelasnya.

“Fasilitas laboratorium pangan ini dapat mendukung berbagai bidang riset yang penting dalam bidang pangan (Food Science and Technology Center). Kami juga akan mengembangkan penelitian pengemasan pangan dan kehalalan pangan,” urainya.

Laboratorium pangan nantinya akan dibuka untuk kebutuhan masyarakat di seluruh Indonesia, sesuai dengan tujuan dari SBSN yang harus berguna untuk masyarakat luas. “Pelaku industri/UMKM, peneliti dan akademisi yang ingin melaksanakan kegiatan riset terkait pangan, kemasan, dan pangan halal dapat melakukan kegiatan penelitiannya di laboratorium ini,” pungkas Satriyo.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Es Krim Magnum Ditarik karena Mengandung Plastik dan Logam, Ini Kata BPOM

News
| Rabu, 24 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement