Ada Calon Penumpang KA di Stasiun Jogja Belum Tahu Syarat Rapid Test Antigen

Sejumlah calon penumpang saat menunggu upaya rapid test antigen di stasiun Jogja, Gedong Tengen, Kota Jogja, Selasa (22/12/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
23 Desember 2020 00:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Sejumlah penumpang KA jarak jauh di stasiun Jogja masih kebingungan mengenai aturan rapid test antigen yang menjadi syarat mutlak bagi calon penumpang kereta api (KA) jarak jauh yang mulai berlaku pada hari ini Selasa (22/12/2020) hingga 8 Januari 2021 mendatang, Selasa (22/12/2020).

Salah satu calon penumpang kereta api jarak jauh di stasiun Jogja yakni Anggi Mustuari, 23, warga Godean, Sleman, mengatakan jika ia belum tahu jika hari ini tepat di diberlakukannya rapid test antigen bagi calon penumpang KAI.

"Saya nggak tahu sih, ini [datang ke stasiun Jogja] juga baru mau tanya-tanya sama petugasnya," ujar Anggi saat diwawancarai di stasiun Yogyakarta, Gedong Tengen, Jogja, Selasa (22/12/2020).

Baca juga: Tiga Hari, 24 Orang di Jogja Meninggal Dunia karena Corona

Lebih lanjut, Anggi yang sering bepergian menggunakan kereta ini ke Jogja menuju ke Jakarta ini masih berpedoman kepada syarat rapid test antibodi yang tidak lagi berlaku mulai hari ini bagi penumpang KAI jarak jauh.

"Kalau dulu kan rapid-nya antibodi ya, nah sekarang kan rapid test antigen, saya juga baru tahu ternyata bisa rapid test antigen di stasiun Jogja," ungkapnya.

Penumpang lainnya yakni Alya Rahmadani, 22, warga Bekasi, Jawa Barat, mengatakan jika hanya mengetahui soal pemberlakuan rapid test antigen bagi penumpang KAI jarak jauh dari media sosial. "Baru denger-denger aja sih dari media sosial soal penerapan rapid test antigen," imbuhnya.

Baca juga: Pemkab Gunungkidul Tutup Sementara Layanan IGD RSUD Wonosari

Alya yang sudah membeli tiket kereta api dan siap untuk berangkat ke Bekasi pada tanggal 24 Desember 2020 tersebut juga harus memutar otak dua kali untuk memutuskan apakah dirinya akan melakukan rapid test antigen di stasiun atau di klinik maupun rumah sakit yang menyediakan fasilitas rapid test antigen.

"Kayaknya sih pengen cari di luar, soalnya ramai. Saya pulang ke Bekasi emang seringnya pakai kereta api," ungkapnya.

Berdasarkan pantauan Harian Jogja pada Selasa (22/12/2020), animo penumpang untuk melakukan rapid test antigen di stasiun Jogja memang cukup tinggi. Banyak penumpang yang menunggu nomor antrean.

Walaupun, antrean panjang tidak terjadi. Petugas cukup responsif untuk mengatur penumpang agar tidak berkerumun dan menjaga protokol pencegahan penularan Covid-19 yakni physical distancing.