Keluarga Jadi Sumber Mayoritas Penularan Corona di Jogja

Ilustrasi. - Freepik
23 Desember 2020 18:17 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Analisis dilakukan tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jogja untuk memetakan pusaran kasus Covid-19 yang mendera hampir 10 bulan ini. Terkuak fakta jika lebih dari separuh kasus yang terjadi, berasal dari keluarga.

Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi menyebutkan dari 1466 kasus hingga Selasa (22/12/2020), sebanyak 279 kasus berasal dari keluarga. Ratusan kasus tersebut kemudian merambat ke kontak erat sebanyak 732 orang lainnya. "Dari 1466 kasus itu 279 dari keluarga. Dari keluarga itu setelah kita tracing kontak erat ada 732 kasus baru," terangnya pada Selasa (22/12/2020).

Jumlah penularan tersebut mengindikasikan banyaknya penularan dari suatu kasus di keluarga kepada kontak erat lain. Bila merujuk data yang ada, satu kasus dapat menyebabkan hampir tiga kasus lain setelah dilakukan tracing.

BACA JUGA: Pemkot Jogja Kebut Bersihkan Luberan Sampah di TPS Akibat Penutupan TPST Piyungan

Bila dihitung, jumlah kasus bersumber dari keluarga dan kontak eratnya di Kota Jogja sebanyak 1011 kasus dari 1466 kasus. Berarti jika diproyeksikan dalam bentuk prosentase, kasus bersumber dari keluarga dan kontak eratnya mencapai 68,9 persen dari seluruh kasus yang ada di Kota Jogja. "Jadi total di kota jogja ada 1466 totalnya 279 kasus itu keluarga, dari keluarga itu kemudian menelurkan totalnya 732 kasus lain, separuhnya dari kasus di Kota itu ada di keluarga," tutur Heroe.

Kendati demikian Heroe menuturkan dari mana pasien terinfeksi Covid-19 itu belum diketahui secara pasti, semisal apakah dari keluarga atau dari kantor dulu. "Jadi mana dulu yang ketahuan [di-swab], karena kenanya dimana kita enggak tahu. Mereka enggak bisa cerita. Apakah di kantor, apakah di rumah, apakah di dalam perjalanan atau apa itu enggak ketahuan," jelasnya.