Sekda DIY Sebut Sumber Utama Penularan Corona Bukan dari Tamu Luar Daerah tapi Keluarga

Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji. - Ist/Dok Humas Pemda DIY
23 Desember 2020 18:57 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta meminta masyarakat mewaspadai potensi penularan COVID-19 di lingkungan keluarga yang kini dinilai mendominasi penambahan kasus positif COVID-19 di daerah itu.

"Imbauan kami kepada masyarakat hati-hati orang terdekat itu bisa menjadi sumber penularan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu.

Aji mengatakan kasus penularan virus dari pendatang atau orang yang bepergian dari luar derah saat ini sudah tidak signifikan mendorong peningkatan kasus positif COVID-19 di DIY.

"Orang datang dari luar kota dan seterusnya itu sekarang sudah tidak mendominasi, tetapi dominasinya justru sekarang di keluarga-keluarga," kata dia.

Oleh sebab itu, ia berharap masyarakat tidak terlena dengan mengabaikan protokol kesehatan saat di lingkungan keluarga.

"Teman-teman ini kan kalau di rumah tidak pakai masker, justru kita terlenanya di situ. Tetapi saat ketemu orang lain kita hati-hati," kata dia.

Sebelumnya, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat jumlah pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 pada Selasa (22/12/2020) ini, bertambah 242 orang, sehingga totalnya menjadi 9.925 kasus.

Jika mengacu riwayat kasusnya, terdiri atas 127 kasus hasil tracing kontak kasus positif, 55 kasus periksa mandiri, lima kasus hasil skrinig pendidikan, serta 55 kasus belum ada keterangan.

Sumber : Antara