Advertisement

Warga Kotabaru Bantu Cegah Penularan Covid-19 pada Perayaan Natal

Lugas Subarkah
Jum'at, 25 Desember 2020 - 16:57 WIB
Bhekti Suryani
Warga Kotabaru Bantu Cegah Penularan Covid-19 pada Perayaan Natal Ingat pesan ibu, cuci tangan dengan sabun. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA---Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Natal 2020 dilaksanakan masih dalam situasi pandemi Covid-19. Perayaan Natal pun harus digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. Di Kotabaru, warga membantu pencegahan penularan Covid-19 pada perayaan Natal.

Lurah Kotabaru, Supardi, menjelaskan sebelum perayaan Natal, pada Rabu (25/12/2020) pihaknya bersama warga mensterilkan sejumlah kawasan yang akan dipakai untuk keperluan natal dengan menyemprotkan disinfektan.

Advertisement

Wilayah Kotabaru memang memiliki sejumlah lokasi yang digunakan untuk perayaan natal, diantaranya Susteran, Bruderan, Gereja Santo Antonius dan Gereja Huriu Kristen Batak Protestan (HKBP). “Untuk persiapan natal kami lakukan penyemprotan disinfektan di lokasi-lokasi itu,” ujarnya, Jumaat (25/12/2020).

Di sisi lain, dari pengelola gereja juga diminta untuk dapat memastikan penerapan protokol kesehatan dengan wajib memakai masker, cuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak. Untuk mendukung jaga jarak, kapasitas jemaat juga dibatasi hingga 20% dari jumlah biasannya.

Hal ini kata dia, merupakan komitmen seluruh warga untuk memastikan tidak terjadi penularan atau klaster Covid-19 dari perayaan natal. Untuk itu, warga beserta komponen gereja bahu-membahu menciptakan kondusifitas selama perayaan natal.

Di luar Natal, penyemprotan disinfektan juga sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan warga bersama Babinsa, Babinkamtibmas, Linmas dan Kampung Tangguh Bencana (KTB). Penyemprotan ini sudah berjalan sejak awal masa pandemi dan hingga kini masih rutin dilakukan seminggu sekali.

Pihaknya juga terus mengingatkan dan mengedukasi masyarakat agar selalu menjaga protokol kesehatan di setiap aktivitas, termasuk aktivitas usaha. Dengan berbagai upaya ini diharapkan Kotabaru dapat terhindar dari penularan Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement