Advertisement

Ini Satu-satunya Lurah Perempuan Pemenang Pilkades Sleman 2020

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 26 Desember 2020 - 23:17 WIB
Bhekti Suryani
Ini Satu-satunya Lurah Perempuan Pemenang Pilkades Sleman 2020 Lurah Sendangarum, Minggir, Wiwik Retno Yulianti-Harian Jogja - Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Sebanyak 49 lurah terpilih hasil Pemilihan Lurah (Pilur) 2020 dilantik oleh Bupati Sleman Sri Purnomo, Sabtu (26/12/2020). Usai dilantik, para lurah berjanji akan menjalankan janji-janjinya selama enam tahun ke depan.

Lurah Sendangarum, Minggir, Wiwik Retno Yulianti merupakan satu-satunya lurah perempuan yang dilantik hasil Pemilihan Lurah (Pilur) pada 20 Desember lalu. Raihan suara Wiwik mampu mengalahkan incumbent, Suwita. Usai pelantikan, ia mengaku bangga bisa mewakili kalangan perempuan menjadi lurah. "Ini sekaligus tantangan bagi kami, kalangan perempuan, untuk menyuarakan kepentingan perempuan. Harus berani," katanya.

Advertisement

Wiwik mengaku selama kampanye terus menjalin persaudaraan dan jaringan sehingga bisa dipercaya untuk memimpin Sendangarum. Ia juga mengaku visi dan misinya sesuai dengan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat. "Tentu ke depan, saya akan jalankan program sesuai visi dan misi saya terutama di bidang kesehatan dan pendidikan," ujar Wiwik.

Sementara Lurah Triharjo, Sleman Irawan mengatakan, program yang akan dilakukan menyesuaikan program sesuai kondisi pandemi Covid-19. Penanganan Covid-19 masih menjadi prioritas yang akan dilakukan di Triharjo. Lurah yang memiliki prosentase pemilih tinggi hingga 95% pemikih pada Pemilihan Lurah (Pilur) ini akan segera berkoordinasi dengan perangkat kalurahan untuk menajamkan program penanganan Covid-19.

"Baik Dana Kalurahan maupun alokasi Dana Kalurahan (APBK) akan dikerahkan untuk penanganan Covid-19. Sekitar 40%, baik untuk bantuan sosial tunai (BST) maupun pemberdayaan sehingga upaya menggerakan ekonomi masyarakat di tengah pandemi mampu tertangani dengan baik," ujarnya.

Adapun pemilik suara pemilih terbanyak (12.363 suara), Lurah Caturtunggal, Depok, Agus Susanto mengatakan ia akan langsung bekerja menjakankan semua program yang sudah dicanangkan. Ia hanya menambah satu program yakni pendampingan hukum yang dihadapi masyarakat. Seperti masalah penceraian, konflik persoalan tanah dan sebagainya.

"Semua program yang sudah jalan saya lakukan, hanya tambah satu program baru yakni pendampingan hukum bagi warga. Semuanya secara gratis," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement