Advertisement

Seluruh Objek Wisata di Kulonprogo Ditutup Malam Tahun Baru

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 30 Desember 2020 - 18:07 WIB
Bhekti Suryani
Seluruh Objek Wisata di Kulonprogo Ditutup Malam Tahun Baru Sejumlah wisatawan menikmati pemandangan saat Matahari tenggelam di pemecah ombak Pantai Glagah, Kapanewon Temon, Kulonprogo, belum lama ini. - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Pemkab Kulonprogo akan menutup seluruh objek wisata di kabupaten ini saat perayaan malam pergantian tahun.

"Berdasarkan imbauan dari Pemda DIY, bahwa malam tahun baru tidak boleh ada kegiatan, termasuk di tempat wisata, maka kami akan akan memberlakukan penutupan," kata Wakil Bupati Kulonprogo yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Fajar Gegana, Rabu (30/12/2020).

Advertisement

Fajar menjelaskan penutupan berlangsung pada Kamis (31/12/2020) malam sampai Jumat (1/1/2021) pagi, tepatnya pukul 18.00-06.00 WIB. Selama kurung waktu tersebut, pengelola destinasi wisata baik itu yang di bawah naungan pemerintah maupun swasta dilarang menjalankan operasional wisata.

Guna memastikan kebijakan ini benar-benar dijalankan oleh pengelola obwis, Pemkab akan menerjunkan personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) untuk melakukan pengawasan. "Nanti juga kita kerjasamakan dengan unsur TNI dan Polri," ucapnya.

Kepala Satpol PP Kulonprogo, Sumiran mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres, Kodim dan instansi terkait mengenai penutupan obwis di malam tahun baru. Patroli bersama akan dilakukan ke sejumlah obwis yang berpotensi mendatangkan banyak pengunjung. Jika ditemukan ada kerumunan, petugas akan membubarkannya.

Seperti diketahui Pemda DIY telah mengeluarkan surat edaran tentang penutupan objek wisata pada malam pergantian tahun. Surat dengan nomor 443/03734 itu ditunjukkan kepada seluruh pemerintah kabupaten di DIY untuk melakukan penutupan obwis pada Kamis malam dari pukul 18.00-06.00 WIB.

Penutupan diberlakukan untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan orang dalam melaksanakan perayaan tahun baru di objek wisata. (

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement