Mulai Malam Ini Pukul 18.00 WIB Wisata Pantai Lockdown

Informasi penutupan kawasan Pantai Parangtritis, Rabu (30/12/2020). - Harian Jogja/Jumali.
31 Desember 2020 15:47 WIB David Kurniawan & Jumali Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI – Dinas Pariwisata Gunungkidul memastikan seluruh objek wisata pada saat malam tahun baru akan ditutup alias lockdown. Hal ini sejalan dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Pemerintah DIY pada Rabu (30/12/2020).

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono mengatkaan, pihaknya sudah menerima edaran terkait dengan penutupan destinasi wisata. Isi dari surat itu bahwa pada Kamis (31/12/2020) mulai pukul 18.00 WIB obyek wisata ditutup.

“Otomatis dengan surat itu maka kami tidak bisa menarik retribusi saat malam tahun baru. Sebab adanya penutupan destinasi termasuk wisata di kawasan pantai,” kata Hary, kemarin.

BACA JUGA : Semua Objek Wisata di Bantul Tutup saat Malam Tahun Baru

Disinggung mengenai wisatawan yang terlanjur masuk dan menginap di hotel di kawasan pantai, pihaknya berkeyakinan jika hotel yang sudah uji coba buka sudah menerapkan protokol kesehatan. Untuk pelaksanaan penutupan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk pengawasan malam pergantian tahun.

“Yang jelas surat itu diterbitkan sebagai upaya menghindari adanya kerumunan. Untuk tamu yang sudah menginap, tentu saja di hotel ada SOP mengenai protokol kesehatan,” katanya.

Pengelola wisata di Pantai Nglambor, Kalurahan Purwodadi, Kapanewon Tepus, Aditya Putra Tama mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan kabar terkait dengan penutupan wisata pada saat malam pergantian tahun. Dampak dari kebijakakan ini, ia pun membatalkan 20 pengunjung di wilayah yang dikelola.

“Ada 20 tamu dari Jogja. Tapi, berhubung ada penutupan, maka saya membatalkan pesanan tersebut,” katanya.

BACA JUGA : Seluruh Objek Wisata di Kulonprogo Ditutup Malam Tahun Baru

Pemerintah Kabupaten Bantul juga resmi menutup semua objek wisata pada malam pergantian tahun.  Penutupan yang dimulai dari Kamis (31/12) pukul 18.00 WIB sampai Jumat (1/1) pukul 06.00 WIB itu dilakukan sebagai upaya antisipasi penyebaran Covid-19.

“Kami sudah sepakat, untuk menghindari kerumunan, tidak ada jalan lain selain menutup semua objek wisata di malam tahun baru. Mohon maaf untuk pelaku usaha untuk tidak menggelar dagangan, agar tidak merugi,” kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo.

Untuk memastikan tidak ada pelanggaran terhadap kebijakan tersebut, Dinpar telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak, di antaranya Satpol PP, Dinas Perhubungan, Polres dan Kodim Bantul.  “Siang ini kami rapatkan teknis pelaksanaannya,” lanjut Kwintarto.