Advertisement

Arus Balik, Ribuan Penumpang Padati YIA

Jalu Rahman Dewantara
Minggu, 03 Januari 2021 - 13:57 WIB
Nina Atmasari
Arus Balik, Ribuan Penumpang Padati YIA Kondisi terminal keberangkatan YIA yang ramai penumpang, Minggu (3/1/2021). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Ribuan penumpang memadati Yogyakarta International Airport (YIA), Kapanewon Temon, Kulonprogo, pada puncak arus balik Natal dan Tahun Baru, Minggu (3/1/2021).

Dari pengamatan di lokasi, pada sekitar pukul 10.00 WIB, terlihat keramaian terjadi di sejumlah titik. Yang paling mencolok di depan terminal keberangkatan yang berada di lantai paling atas bandara tersebut.

Keramaian itu tak hanya didominasi pengguna jasa penerbangan, tapi juga para pengantar penumpang. Kendaraan pengantar baik mobil pribadi maupun angkutan bandara juga terlihat hilir mudik di lokasi tersebut.

Baca juga: Setelah Menghina Satgas Covid-19, 3 Pemuda Ini Minta Maaf Sambil Nangis Sesenggukan

Advertisement

Airport Duty Manager (ADM) YIA, Zulfikar Nooer, mengatakan keramaian terjadi karena pada hari ini merupakan puncak arus balik Nataru. "Hari ini diperkirakan jadi puncak arus Nataru karena besok sudah masuk kerja," kata Zulfikar ditemui wartawan di YIA, Minggu pagi.

Dijelaskan pada hari ini ada sekitar 7700 penumpang yang memadati YIA. Jumlah itu terdiri dari sekitar 2400 penumpang kedatangan dan 5300 penumpang keberangkatan. Sementara total pergerakan pesawat pulang pergi sebanyak 92.

Baca juga: Menkominfo Minta Operator Bangun 4G di Desa untuk Atasi Disparitas Digital

Zulfikar mengatakan jumlah itu lebih tinggi dari hari biasa yang rata-rata mencapai 4000 penumpang per hari. "Hari biasa sekitar 4000 an, itu termasuk kedatangan dan keberangkatan. Sementara hari ini keberangkatan sendiri sampai 5000 an," ujarnya.

Meski naik, jumlah ini sejatinya lebih rendah dari prediksi yang disampaikan PTS General Manager YIA, Taochid Purnama Hadi beberapa waktu lalu. Taochid memprediksi jumlah penumpang pada arus balik bisa mencapai 9.000 orang per hari.

"Prediksi kami bisa mencapai 9.000 an [penumpang], karena yang kemarin dateng kan sekitar 8.700. Dan untuk pergerakan pesawat ada kemungkinan bisa sampai 90 pergerakan atau naik 30 persen dibandingkan sebelum nataru," ujarnya, Rabu (30/12/2020) lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement