Bupati Bantul Siap Divaksin Covid-19

Ilustrasi - Freepik
06 Januari 2021 13:17 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Bupati Bantul Suharsono bersama dengan Sekda Bantul Helmi Jamharis siap untuk divaksin Covid-19.

“Jika ketentuannya seperti itu, saya siap,” kata Suharsono, Rabu (6/1/2021).

BACA JUGA: 9 Kecamatan di Bantul Zona Merah Covid-19, Klaster Sulit Dibedakan

Hal sama juga diungkapkan oleh Sekda Bantul Helmi Jamharis. “Secara pribadi saya juga siap untuk divaksin,” kata Helmi.

Sampai kini Helmi mengaku belum mendapatkan kepastian kapan vaksinasi akan dimulai. “Kami siap untuk pelaksanaan vaksinasi,” papar Helmi.

Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budiraharja mengatakan sampai kini belum mendapatkan kejelasan kapan vaksinasi akan digelar. 

“Belum ada info dari provinsi untuk pendistribusian vaksin, belum ada tanggal. Tetapi, berdasarkan teleconference dengan Satgas Penanganan Covid-19, dan sejumlah pihak, distribusi dan  pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan segera. Kami sendiri masih menunggu koordinasi dari provinsi,” kata Agus.

BACA JUGA: BLT Rp300.000 dan Rp200.000 Cair, Cek NIK di Situs Ini

Menurut Agus, vaksinasi akan diawali dengan penyuntikan vaksin secara simbolis kepada pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bantul dan sejumlah perwakilan masyarakat. Setelah itu, dilanjutkan ke 6.323 nakes yang telah diajukan mendapatkan vaksinasi.

“Kami juga sudah cek teman-teman nakes, termasuk saya juga sudah dapat SMS pemberitahuan jika akan divaksin,” terang Agus.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan Bantul, Abednego Dani Nugroho, mengatakan ada 34 tempat yang siap untuk melayani vaksin Covid-19.

Ketiga puluh empat tersebut meliputi 27 puskesmas, dua rumah sakit pemerintah yakni Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara Hardjolukito.

BACA JUGA: Prediksi MU Vs City: Membara di Old Trafford

Selain itu, ada empat rumah sakit swasta yakni RS PKU Muhammadiyah, Santa Elisabeth, RS UII, dan RS Nurhidayah. Adapun satu klinik yang siap untuk melayani  vaksin adalah Klinik Pratama Polres Bantul.

“Mereka sudah siap dan bersedia sebagai tempat vaksinasi,” ucapnya.