Sonjo Berencana Buat Shelter Tangguh di Bantul

Ilustrasi. - Freepik
09 Januari 2021 15:27 WIB Sirojul Khafid Bantul Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sukarelawan Sambatan Jogja (Sonjo) berencana membangun selter di wilayah Bantul. Inisiator Sonjo Rimawan Pradiptyo mengatakan program Shelter Tangguh ini berada di bawah Sonjo Tangguh, salah satu dari 13 jenis Sonjo.

“Bentuknya selter, tetapi posisinya lebih tinggi dari yang biasa, memungkinkan untuk [pasien Covid-19] gejala ringan dan sedang,” kata Rimawan saat dihubungi secara daring pada Jumat (9/1/2021).

Menurut Rimawan, permasalahan saat ini adalah keterbatasan rumah sakit dalam menampung pasien Covid-19. Apabila pasien Covid-19 antre untuk masuk rumah sakit dan fasilitas lain juga terbatas, sehingga banyak pasien yang akan berada di rumah-rumah. “Ini bahaya sebenarnya,” kata Rimawan yang juga Ketua Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada.

Bagi Rimawan, pembuatan selter merupakan hal yang mendesak. Sejak pasien Covid-19 sudah memiliki gejala ringan ataupun sedang, perlu secepatnya mendapatkan penanganan dari ahli beserta fasilitas yang memadai.

Shelter Tangguh akan berada di Panggungharjo. Sonjo Tangguh sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Bantul dan perangkat wilayah setempat.

Saat ini Sonjo Tangguh sedang menggalang  dana.  Sonjo merupakan gerakan sosial yang terbentuk sejak Maret 2020. Kegiatan-kegiatan yang berkutat dalam hal ekonomi, kesehatan, dan pendidikan ini dalam rangka gotong royong menghadapi dampak pandemi Covid-19.

Sonjo bergerak di grup WhatsApp untuk mempertemukan pihak yang membutuhkan bantuan dengan orang yang hendak membantu. Sebanyak 13 grup saat ini berisi sekitar 1.700 anggota.