3 Dokter Terpapar Covid-19, IGD RSUD Wates Tutup Sementara

Ilustrasi. - Freepik
09 Januari 2021 04:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sebanyak tiga dokter dan dua perawat yang bertugas di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Wates terinfeksi Covid-19. Akibatnya, layanan IGD ditutup untuk sementara waktu. Penutupan berlaku selama tiga hari mulai Jumat hingga Minggu (8-10/1/2021). Selama penutupan, ruang IGD disterilisasi dan kontak erat dari kasus positif dilakukan swab test.

"Selama penutupan ini layanan gawat darurat dialihkan ke RSUD Nyi Ageng Serang Sentolo," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati, Jumat.

Baning mengatakan munculnya kasus tersebut berawal dari salah satu dokter yang menunjukkan gejala terinfeksi Covid-19. Saat dilakukan swab test hasilnya positif. "Kemudian dilakukan tracing, dan hasilnya ada dua dokter dan perawat dari ruangan yang sama [IGD] yang terkonfirmasi positif Covid-19," ujarnya.

Gugus tugas masih menyelidiki penyebab kasus pertama itu terinfeksi virus. Dugaan sementara dokter itu tertular saat menangani pasien Covid-19. "Mengingat ini layanan di IGD, jadi ada dugaan yang bersangkutan tertular pasien positif yang ditanganinya," ucap Baning.