Ubud Versi Jogja Perlu Perhatian Pemerintah

Pemandangan alam yang tersaji di area persawahan Pronosutan, Kalurahan Kembang, Kapanewon Nanggulan, Kulonprogo, belum lama ini.-Harian Jogja - Jalu Rahman Dewantara
10 Januari 2021 23:37 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--DPRD Kulonprogo meminta Pemkab setempat bisa membantu pengembangan area persawahan di Pronosutan, Kalurahan Kembang, Kapanewon Nanggulan sebagai kawasan agro bisnis berbasis budaya. Langkah ini dinilai penting karena bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Kulonprogo sisi utara.

"Selain meningkatkan produksi pertanian, pemkab juga perlu melihat potensi di Pronosutan yang dapat dikembangkan sebagai destinasi wisata pertanian dan budaya. Sayangnya itu belum dilakukan," kata Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati, Minggu (10/1/2021).

Akhid melihat kawasan persawahan Pronosutan yang kini viral karena kemiripannya dengan Ubud, Bali sehingga banyak didatangi wisatawan khususnya para pesepeda itu merupakan bukti nyata bahwa area ini patut dikembangkan.

"Harapannya jika sudah dikembangkan wisatawan yang datang ke sini tidak hanya foto-foto aja, tapi juga membelanjakan uangnya, untuk membeli pengalaman atau oleh-oleh di sini sehingga di sisi lain mampu meningkatkan perekonomian warga sekitar," ujarnya.

Untuk diketahui area persawahan Pronosutan jadi lokasi gowes yang sedang hits di Jogja. Alasannya karena keelokan hamparan sawah dan bentangan bukitnya sekilas mirip kondisi alam di Ubud, Bali.

Ketua Komisi IV Istana mengatakan Kulonprogo sisi utara sebenarnya menyimpan banyak potensi wsiata. Sayangnya belum semuanya bisa berkembang.

Menurutnya alasan kenapa wisata di Kulonorogo sisi utara hingga saat ini belum berkembang karena masih minimnya fasilitas penunjang. Misalnya kondisi jalan yang layak dan ketersediaan lampu penerangan jalan umum (LPJU).

"Kami lihat kondisi jalan di Kulonprogo sisi Utara itu masih banyak yang rusak, LPJU nya juga belum menyeluruh, sehingga membuat wisatawan enggan ke sana," ujarnya. (Jalu Rahman Dewantara).

Foto: Pemandangan alam yang tersaji di area persawahan Pronosutan, Kalurahan Kembang, Kapanewon Nanggulan, Kulonprogo, belum lama ini.