Pasien Covid-19 di Kulonprogo Tambah 55 Orang Sehari

Ilustrasi. - Freepik
13 Januari 2021 21:57 WIB Newswire Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam waktu 24 jam terakhir bertambah 55 kasus, sehingga total masyarakat yang terpapar COVID-19 sebanyak 1.373 kasus.

"Penambahan kasus COVID-19 di Kulon Progo pada 13 Januari 2021 sebanyak 55 pasien atau tertinggi dari awal Januari sampai saat ini," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati di Kulonprogo, Rabu (13/1/2021).

Ia mengatakan pasien terkonfirmasi ini berasal dari Kecamatan Galur dua kasus, Kokap 14 kasus, Lendah 12 kasus, Kalibawang 10 kasus, Panjatan tiga kasus, Pengasih dua kasus, dan sisanya di Kecamatan Nanggulan.

BACA JUGA: Pakar dari UGM Minta Masyarakat Berhenti Persoalkan Kehalalan Vaksin Corona

"Tingginya kasus penyebaran COVID-19 disebabkan banyak faktor, di antaranya klaster keluarga dan tes cepat mandiri," katanya.

Selanjutnya, dua pasien probable meninggal dunia, dari Nangggulan di RS Panti Baktiningsih dan Kalibawang di RS Sardjito.

Pasien konfirmasi COVID-19 yang selesai menjalani isolasi mandiri sebanyak delapan orang, dari Galur enam orang dan Sentolo dua orang. "Kita berdoa, pasien terkonfirmasi COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri semakin banyak," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo Sri Budi Utami mengatakan ruang isolasi dua rumah sakit rujukan di Kulon Progo, yakni RSUD Wates dan RSUD Nyi Ageng Serang semua penuh. Kemudian, Pemkab Kulon Progo menerbitkan surat keputusan tujuh rumah sakit swasta menyediakan ruang isolasi pasien terkonfirmasi COVID-19 sesuai kemampuan.

"Saat ini ruang isolasi pasien terkonfirmasi COVID-19 penuh, sehingga penanganan pasien terkonfirmasi mengandalkan rumah sakit swasta," kata Sri Budi Utami.

Ia mengatakan banyak pasien konfirmasi COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri membutuhkan penanganan medis, namun seluruh ruang isolasi rumah sakit rujukan penuh.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kulonprogo total kasus konfirmasi COVID-19 sebanyak 1.373 kasus. "Kami berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan luar Kulon Progo dalam penanganan pasien COVID-19 yang membutuhkan perawatan," katanya.

Sumber : Antara