Besok, Vaksinasi Tahap Pertama di Kota Jogja

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto
14 Januari 2021 15:47 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja akan melaksanakan vaksinasi tahap pertama pada Jumat (15/1/2021).

Beberapa orang yang akan menerima vaksin tahap pertama adalah Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi, Kapolresta Jogja Kombes Pol Purwadi, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jogja Dian Novitasari, satu perwakilan Majelis Ulama Indonesia, satu perwakilan Persatuan Gereja-Gereja di Indonesia, dan satu perwakilan Konferensi Waligereja Indonesia.

BACA JUGA: Hasil Investigasi Tewasnya 6 Laskar FPI Diserahkan kepada Jokowi

Menurut Heroe, Pemkot Jogja mengajukan 24 orang untuk menerima vaksi tahap pertama. Saat ini belum semua ter-screening untuk menentukan mereka memenuhi syarat atau tidak, termasuk untuk Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti.

“Yang paling perlu diperhatikan terkait komorbid. Selama tidak ada komorbid masih bisa [divaksin],” kata Heroe saat dihubungi secara daring oleh beberapa wartawan pada Rabu (13/1/2021).

Dari informasi awal, ada kemungkinan 24 nama yang diajukan tidak lolos semua. Beberapa orang memiliki komorbid. “Mungkin ada beberapa yang tidak memenuhi syarat, ada komorbidnya masing-masing. Tapi baru informasi awal, nanti kita pastikan lagi,” kata Heroe yang juga Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jogja.

Vaksinasi pertama akan berlangsung di Rumah Sakit Pratama pukul 09.30 WIB. Setelah itu, pada 22 Januari 2021, vaksinasi tahap kedua untuk tenaga kesehatan (nakes). “Setelah tanggal 15 [Januari 2021], tanggal 22 [Januari 2021] kami melakukan vaksinasi kepada seluruh nakes yang memenuhi syarat. Yang sudah memenuhi syarat itu 4.578 [nakes].” Kata Heroe.

Dari 9.000 lebih vaksin yang Kota Jogja dapatkan, Heroe berharap semua nakes bisa memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin. Sebagai penerima vaksin tahap pertama, tidak ada persiapan khusus yang Heroe lakukan. “Enggak ada yang dipersiapkan, yang penting makan terus,” katanya.