Advertisement

Rusunawa untuk Warga Jogja Berpenghasilan Rendah Segera Dibangun

Catur Dwi Janati
Kamis, 14 Januari 2021 - 22:57 WIB
Bhekti Suryani
Rusunawa untuk Warga Jogja Berpenghasilan Rendah Segera Dibangun Ilustrasi rusunawa - Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Rumah Susun (Rusun) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) bakal dibangun kembali di Kota Jogja. Kepastian tersebut menyusul dikabulkannya usulan Pemkot Jogja oleh pemerintah pusat.

Kepala Bidang Perumahan Permukiman dan Tata Bangunan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogya Sigit Setiawan menjelaskan usulan Pemkot Jogja telah disampaikan sejak 2018. "Dulu kan memang Pemkot mengusulkan dua rusun, tapi sudah terbangun satu yang kini dijadikan selter. Tahun ini akan dibangun unit dua, lokasinya di sebelah selatannya itu. Bukan yang di bagian posko, tapi tanah di selatannya," terang Sigit Rabu (14/1/2021).

Advertisement

Secara pokok rancangan, Sigit menuturkan garis besar rusun unit dua akan sama, yakni dengan komposisi 42 unit, musala, aula, dan ruang pengelola. "Cuman nanti bangunannya tidak hadap-hadapan, bentuknya utara-selatan. Yang sekarang itu kan timur-barat, jadi nanti jadi leter L gitu, furniturnya juga termasuk," jelasnya.

"Proses pembangunan sepenuhnya oleh pusat. Kami sebagai penerima pemanfaat setelah proses hibah. Alokasi sekitar Rp24,5 miliar. Kalau segitu berarti sudah termasuk furniturnya, soalnya kalau bangunannya itu sekitar Rp20 miliar. Lelang sejak November 2020, memang lelang dini. Begitu pemkot selesai land clearing atau menguruk tanah yang selatannya itu yang bentuknya tegalan. Status memang tanah kota karena itu menjadi syarat verifikasi yakni tanah tidak bermasalah," terang Sigit.

Sigit memastikan jika pembangunan tidak akan mengganggu fungsi selter, karena aksesnya sudah dibuatkan untuk selter seluas 12 meter. Namun renacananya akan ada pengaturan ulang terkait beberapa aspek di antaranya posko pendukung selter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement