Korban Jiwa Akibat Kecelakaan di Gunungkidul Meningkat

Ilustrasi - Freepik
14 Januari 2021 15:07 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sedikitnya 58 orang meninggal dunia di jalanan Gunungkidul sepanjang 2020. Jumlah ini mengalami peningkatan dibadingkan dengan 2019 ketika 55 orang meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas.

Kepala Bagian Operasional Polres Gunungkidul, Komisaris Polisi Sunarto mengatakan, jajaran satlantas mencatat ada 512 kecelakaan lalu lintas. Jumlah ini mengalami menurun dibandingkan dengan kasus di 2019 dengan jumlah 703 kecelakaan.

BACA JUGA: Video Proses Pengantaran Jenazah di Kulonprogo Viral, Ini Kisah di Baliknya...

Meski demikian, angka fatalitas atau mengakibatkan korban meninggal dunia malah naik. Apabila di 2019 hanya ada 55 korban, maka di 2020 menjadi 58 orang meninggal dunia akibat kecalakaan di jalanan. “Ini yang harus jadi perhatian bersama agar angka kematian kecelakaan bisa diturunkan,” katanya.

Menurut dia, jumlah kecalakaan di 2020 mengalami penurunan disebabkan karena adanya pandemi yang membuat masyarakat mengurang aktivitas di jalanan.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Didik Purwanto mengatakan melakukan identifikasi dan pemetaan terhadap daerah rawan kecelakaan untuk mengetahui penyebab kcelakaan. Apabila kecelakaan karena jalur ekstrem, polisi akan mengusulkan ke Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Permukiman Gunungkidul memperbaiki jalur. “Nantinya juga bekerja sama dengan dinas perhubungan untuk memasang papan peringatan di daerah rawan tersebut,” katanya.