Lukisan Maestro Affandi Dilelang untuk Peduli Bencana

Foto ilustrasi pameran lukisan. - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
21 Januari 2021 12:47 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Salah satu lukisan litografi karya maestro Affandi dilelang untuk peduli musibah dan bencana yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Lelang lukisan tersebut digelar secara daring oleh Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY pada Rabu (20/1/2021) malam.

Direktur Musuem Affandi Helfie Aristien Dirix menyatakan sebagai bentuk empati dan membantu saudara-saudara yang sedang mendapatkan ujian, “Museum Affandi mendonasikan satu karya litografi. Judul lukisan hitam putih karya Affandi ini adalah Andong Roma,” kata Helfie melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Kamis (21/1/2021).

BACA JUGA : Galang Dana, Kejari Bantul Lelang Lukisan Batik Karya

Ketua DPD GIPI DIY, Bobby Ardianto Setyo Aji mengatakan kendati berada dalam situasi pandemi Covid-19 yang membuat usaha berhenti, insan  pariwisata DIY tak hilang empati. Musibah bencana alam di sejumlah tempat di tanah air menumbuhkan simpati dan empati dari insan pariwisata DIY. Insan pariwisata yang tergabung dalam GIPI DIY pun tergerak mengumpulkan dana. GIPI DIY menggalang dana secara unik.

Penggalangan dana bencana di masa pandemi ini digelar lewat zoom dengan tajuk Pariwisata DIY Peduli #1. Lewat aplikasi zoom ini akan berlanjut sampai Sabtu (23/1) setiap pukul 19.30 WIB. Acara edisi perdana diisi serangkaian kegiatan diadakan mulai dari tausiyah, pembacaan puisi dan lelang. Lelang sejumlah barang berharga. “Satu di antaranya Litografi karya maestro senirupa Affandi,” kata Bobby.

BACA JUGA : Sempat Hilang, Lukisan Cimabue Akan Dilelang

Beberapa asosiasi dibawah GIPI bersaing untuk mendapatkan lukisan sang maestro, dan hasilnya untuk disumbangkan. Pemenang lelang adalah dari DPD Ivendo DIY. Puluhan barang laku dilelang dan berhasil mengumpulkan Rp24.540.500.