Ponimin Kembali Terpilih sebagai Ketua DPD PAN Kulonprogo

Pelaksanaan Musda ke V DPD PAN Kulonprogo di Kantor DPD PAN Kulonprogo, di Jalan Jogja-Wates, Km 27, Dusun Gunung Gempal, Kalurahan Giripeni, Kapanewon Wates. - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara.
24 Januari 2021 12:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Kursi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kulonprogo, masih diduduki Ponimin Budi Hartono. Pria asal Kapanewon Pengasih itu kembali terpilih sebagai ketua berdasarkan rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN.

Penunjukan tersebut disampaikan secara virtual oleh DPP PAN dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke V yang digelar serentak di tiga daerah di DIY, yaitu Kota Jogja, Bantul dan Kulonprogo, Sabtu (23/1/2021). Untuk Kulonprogo, acara dipusatkan di Kantor DPD PAN setempat di Jalan Jogja-Wates, Km 27, Dusun Gunung Gempal, Kalurahan Giripeni, Kapanewon Wates.

DPD PAN Kulonprogo sebelumnya telah mengajukan enam nama formatur untuk kepengurusan baru kepada DPP, yakni Sarkawi, Budi Hutomo, Muhtarom Asrori, Ponimin, Upiya Al Hasan dan Priyo Santoso. Seluruh kandidat itu merupakan anggota DPRD Kulonprogo.

Adapun dari enam orang tersebut, DPP merekomendasikan empat nama, yaitu Upiya Al Hasan, Muhtarom Asrori, Priyo Santoso, serta Ponimin. Dalam kesempatan itu, Ponimin ditunjuk sebagai ketua. Sementara untuk penentuan susunan pengurus lain masih akan dirapatkan dalam waktu dekat ini.

"Setelah ini otomatis akan dilakukan penataan organisasi dan program kerja ke depannya," kata Ponimin, saat ditemui di sela-sela Musda, Sabtu siang.

Ponimin yang juga merupakan Wakil Ketua I DPRD Kulonprogo mengatakan musda kali ini berjalan lancar di tengah sejumlah persoalan yang menyelimuti PAN. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, Amin Rais yang merupakan pendiri PAN memilih hengkang dari partai berlambang matahari terbit itu, dan membentuk partai baru yaitu Partai Ummat.

Ponimin menegaskan persoalan tersebut tidak menggangu kelancaran Musda. Menurutnya Musda ini berjalan meriah. Seluruh undangan mulai dari DPC, DPRt dan pengurus inti PAN Kulonprogo hadir semua. Ia juga menyatakan sejauh ini tidak ada kader PAN di Kulonprogo yang membelot ke partai lain.

"Alhamdulillah selama ini baik dari DPC, pengurus DPRt dan FORKOM belum ada informasi yang menyeberang. Kita tak tahu pasti, tapi mudah-mudahan tidak. Kalau ada yang nyabrang otomatis musda tak semeriah ini," ujarnya.

Ponimin mengatakan jika nantinya ada kader yang menyeberang pihaknya akan terlebih dulu melakukan pendekatan. Apabila tidak berhasil mempertahankan kader tersebut, maka tindakan tegas berupa pemecatan bakal dilakukan partai.

"Termasuk melakukan PAW bagi anggota fraksi PAN DPRD Kulonprogo yang kedapatan menyeberang, ini merupakan instruksi DPP," tegasnya.

Terlepas dari persoalan tersebut, Ponimin berharap Musda kali ini bisa membawa dampak positif bagi keberlangsungan PAN di Kulonprogo, ihwal khusus dalam merengkuh suara dalam pemilihan umum mendatang.

"Kita juga akan menjaring tokoh-tokoh yang berpotensi dan memiliki minat masuk PAN. Kita terbuka untuk itu," ujarnya.

Sementara itu Bupati Kulonprogo, Sutedjo yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengucapkan selamat atas suksesnya musda ini. Dia berharap berharap pengurus baru PAN bisa terus bersinergi dengan Pemkab Kulonprogo serta mendukung program-program pembangunan.

"Kami harap sinergitas antara PAN dan pemerintah bisa terus terjalin dan semakin kuat guna membantu suksesnya program-program pemerintah," kata Sutedjo.