Advertisement

Wirogunan Fokus Jadi Kalurahan Mandiri Ekonomi

Catur Dwi Janati
Rabu, 27 Januari 2021 - 10:57 WIB
Sunartono
Wirogunan Fokus Jadi Kalurahan Mandiri Ekonomi Rapat koordinasi finalisasi Musrenbang Wirogunan pasa Senin (25/1) di Kalurahan Wirogunan. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, MERGANGSAN--Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) terus digelar mulai awal tahun. Guna rumuskan arah pembangunan Kalurahan, masyarakat melalui perwakilannya yakni pengurus RT, RW maupun Kampung bersama-sama merencana program kegiatan untuk Kalurahan yang bakal dilaksanakan satu tahun kedepan.

Sebelum menggelar Musrenbang, telah dilaksanakan proses penjaringan usulan berbasis kampung dan diadakan Pra Musrenbang di Kalurahan Wirogunan. Kasie Ekonomi dan Pembangunan Kalurahan Wirogunan, Ambaryati menjelaskan Kalurahan Wirogunan telah memiliki perencanaan induk (masterplan) dan RPJM Kalurahan.

Advertisement

BACA JUGA : Pemulihan Ekonomi, Jogja Mandiri Ekspo Bangkitkan UMKM

"Seluruh perencanaan yang ada harus menjadi dasar dalam perencanaan kegiatan tahun 2022 dan sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan Musrenbang," jelasnya pada Senin (25/1).

Kalurahan Wirogunan telah membentuk Tim Perumus yang bertugas melakukan sinkronisasi atas perencanaan yang ada.

"Tidak hanya RPJM Kelurahan dan Masterplan, namun perencanaan-perencanaan lain. Selain itu penentuan wilayah strategis yang telah disepakati sebelumnya menjadi pencermatan dan perlu perencanaan yang matang. Mengingat akan dianggarkan sebesar Rp200 juta," katanya.

Konsep pembangunan Kalurahan Wirogunan 2022 berfokus pada mewujudkan kalurahan mandiri ekonomi dengan daya dukung potensi kampung. Konsep ini merupakan hasil matrik dari branding setiap kampung dan telah memperhatikan tema pembangunan Kota Jogja 2022 dan tujuan musrenbang.

BACA JUGA : Perpanjangan PTKM Harus Dibarengi Program Pemulihan

"Dengan konsep pembangunan tersebut, seluruh usulan kampung disesuaikan dengan konsep pembangunan tersebut," ujarnya.

Salah satu anggota Tim Perumus Abdul Razaq, menyebutkan jika tim telah mencermati usulan masing-masing kampung. Razaq yang merupakan ketua LPMK Wirogunan menyatakan siap menggelar Musrenbang secara maksimal, walau dalam masa pandemi Covid-19. Berbagai persiapan telah dilakukan, baik sarana dan prasarana pendukung maupun materi Musrenbang.

Karena masih diberlakukannya PTKM di masa pandemi Covid-19 ini, maka Musrenbang 2021 akan dilaksanakan dengan Zoom Meeting yang disupport dari Dinas Kominfo Sandi Kota Jogja. "Musrenbang tidak di gelar secara seremonial dengan mengumpulkan banyak orang dalam satu ruangan, namun dibagi di tiga lokasi dan digelar via online," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement