Imlek di Jogja Tahun Ini Hilangkan Makan Bersama

Kegiatan ibadah di Kelenteng Fuk Ling Miau di Jalan Brigjen Katamso Nomor 3, Prawirodirjan, Gondomanan, Jogja, Rabu (27/1/2021).-Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo
28 Januari 2021 08:27 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kelenteng Fuk Ling Miau di Jalan Brigjen Katamso Nomor 3, Prawirodirjan, Gondomanan mengutamakan pencegahan Covid-19 dalam pelaksanaan Tahun Baru Imlek pada Jumat (12/2/2021) mendatang.

Ketua Yayasan Kelenteng Fuk Ling Miau, Angling Widjaya, mengatakan yayasan mengikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah dan mendukung upaya pencegahan Covid-19 karena virus itu tidak bisa diketahui kapan bisa ditangani secara pasti.

Sejumlah kebiasaan atau tradisi yang dilakukan saat perayaan Imlek ditiadakan. Seperti pencucian patung Dewa, yang biasanya dilakukan satu pekan sebelum perayaan Imlek juga ditiadakan. Angling meyakini Dewa paham dengan kondisi yang terjadi saat ini.

“Tradisi makan bersama yang biasa dilakukan, tahun ini juga tidak diadakan. Sekali lagi untuk mencegah Covid-19. Memang perlu kesadaran bersama untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini yang terjadi dalam skala global,” ujarnya, Rabu (27/1/2021).

Kelenteng Fuk Ling Miau berusaha menerapkan protokol pencegahan Covid-19 dengan ketat, seperti disediakan tempat untuk mencuci tangan ataupun cairan pembersih tangan kemudian penerapan jaga jarak serta kewajiban mengenakan masker.

Meski dapat dikatakan dilaksanakan secara lebih sederhana, Angling menyebutkan perayaan tahun ini tidak akan berkurang maknanya sebagai rasa syukur dalam satu tahun yang telah dilewati. “Harapan kami juga tahun ini diberi kesehatan seluruh orang,” tuturnya.