Advertisement

Semua Pasien Covid-19 Bantul Diklaim Tertangani Rumah Sakit

Ujang Hasanudin
Jum'at, 29 Januari 2021 - 13:27 WIB
Budi Cahyana
Semua Pasien Covid-19 Bantul Diklaim Tertangani Rumah Sakit Ilustrasi - Antara/Feny Selly

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso, mengatakan pasien Covid-19 yang meninggal dunia semuanya tertangani di rumah sakit dan sudah dirawat beberapa hari di rumah sakit.

Pihaknya menyangkal ada pasien yang terbengkalai atau tidak tertangani di rumah sakit gara-gara rumah sakit penuh. “Belum ada laporan yang bergejala sedang dan berat tidak tertangani,” kata Sri Wahyu, Jumat (29/1/2021).

Advertisement

“Saya tegaskan bahwa yang di rumah sakit adalah bergejala sedang-berat,” kata pria yang akrab disapa Oki ini.

Sementara, data harian ketersediaan bed atau tempat tidur untuk pasien Covid-19 sudah termonitor melalui apalikasi SIRANAP RS. “Yang belum ada hanya Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19, karena rumah sakit lapangan. Saat ini dari 50 tempat tidur di RSLKC terisi penuh,” kata Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Bencana, Dinas Kesehatan Bantul, Tri Wahyuni.

Berdasarkan data SIRANAP RS yang diakses pada Jumat (29/1/2021), di Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul, ruang ICU bertekanan negaif dengan ventilator tersedia tiga tempat tidur dan semuanya penuh, ruang isolasi tekanan negaif tersedia sembilan dan dua kosong, isolasi tanpa tekanan negatif terisi 32 dan satu kosong, NICU khusus Covid-19 terisi lima dan dua kosong.

Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) Harjolukito ICU tekanan negatif dengan ventilator ada tiga ruang semuanya kosong, isolasi tekanan negatif 60 terisi dan 13 kosong. Sementara PKU Muhammadiyah Bantul ada dua ruang ICU tekanan negatif dengan ventilator dan semua penuh, isolasi tekanan negatif 44 terisi semua.

Adapun RS Umum Santa Elisabeth, ruang isolasi tekanan negatif terisi 10 dan satu kosong. Rumah Sakit Nur Hidayah ruang isolasi tanpa tekanan negatif 14 terisi dan tujuh kosong. Rumah Sakit Respira isolasi tekanan negatif dua terisi semua. Rumah Sakit Umum Griya Mahardika isolasi tekanan negatif ada enam tempat tidur masih kosng, isolasi tanpa tekanan negatif dua terisi dan dua kosong. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement