Seniman & Wirausaha Muda Perlu Didukung untuk Pemulihan Ekonomi

Anggota Komisi D DPRD DIY Andriana Wulandari saat berdialog dengan warga. - Antara.
01 Februari 2021 00:27 WIB Newswire Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—DPRD DIY mendorong langkah pemerintah dalam penguatan sektor seni budaya dan wirausaha di Kabupaten Bantul untuk meningkatkan perekonomian warga di tengah pandemi Covid-19.

Anggota Komisi D DPRD DIY Andriana Wulandari, menjelaskan pihaknya mendapatkan banyak keluhan dari seniman maupun pengelola sanggar seni budaya yang pendapatannya turun drastis akibat pandemi. Oleh karena itu melalui Komisi D DPRD DIY pihaknya memiliki komitmen untuk memberikan dukungan anggaran kepada pelaku seni budaya.

BACA JUGA : Pemulihan Ekonomi, Jogja Mandiri Ekspo Bangkitkan UMKM

"Karena warga harus tetap bertahan hidup, maka kami dari Komisi D DPRD DIY memiliki anggaran untuk bermacam-macam program kegiatan termasuk salah satunya dana dukungan sanggar dan seniman untuk melakukan kegiatan," katanya dalam reses di Kadisoro, Pandak Bantul, Minggu (31/1/2021).

Ia menambahkan, mengimgat pandemi juga berdampak pada anjloknya perekonomian di sektor wirausaha, maka perlu perhatian khusus terutama untuk penguatan. Pihaknya memiliki program penguatan ekonomi dan mendorong munculnya wirausaha muda demi kestabilan ekonomi utamanya di Bantul.

"Kami melakukan penyerapan aspirasi di tingkat bawah. Kami juga undang jajaran struktural partai karena mereka bisa menjadi jembatan dalam mengawal kebutuhan masyarakat," kata politikus PDIP ini.

BACA JUGA : Perpanjangan PTKM Harus Dibarengi Program Pemulihan

Melalui Komisi D DPRD DIY ia akan memperjuangkan para seniman dan menggeliatkan ekonomi dengan mendorong pertumbuhan wirausaha mud. Mengingat sektor budaya dan ekonomi punya peranan penting dalam menggeliatkan kembali kesejahteraan rakyat saat pandemi COVID-19.

Dengana adanya dana aspirasi sebesar Rp3 miliar, ke depan dapat digunakan untuk mendukung program pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH), pembangunan sumur dalam di wilayah sulit air. Selain itu akses pembuatan jaringan air minum, akses pembangunan jalan kampung, peningkatan kapasitas UMKM juga menjadi perhatian.

BACA JUGA : Sinergitas Menjadi Kunci Pemulihan Ekonomi

Seorang pemuda asal Kecamatan Pandak Bantul, Hariswanto berharap makin banyak banyak wakil rakyat serius memperjuangkan kepentingan rakyat, dengan memberikan program penguatan ekonomi seperti pelatihan bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) maupun pelatihan wirausaha muda.