Heboh Isu Kudeta, Partai Demokrat DIY Pastikan Tetap Loyal ke AHY

Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. - Suara.com
02 Februari 2021 15:57 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Partai Demokrat DIY menyatakan tetap solid memberikan dukungan terhadap Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di tengah isu kudeta atau penggulingan paksa kepemimpinan partai tersebut.  

Sebelumnya Ketua Umum Partai Demokrat AHY mengumumkan adanya upaya sejumlah pihak dari kader aktif dan nonaktif yang melibatkan lingkaran istana Kepresidenan untuk menggulingkan kursi yang sedang diduduki pada Senin (1/2/2021). Kelompok ini diklaim telah menghubungi sejumlah pengurus Demokrat di daerah untuk melakukan Kongres Luar Biasa (KLB).

BACA JUGA : Mantan Politikus Demokrat Tak Percaya Ada Orang Dekat Jokowi Ingin Gulingkan AHY

Merespons isu tersebut, Ketua DPD Partai Demokrat DIY Heri Sebayang menyatakan isu kudeta di internal Demokrat itu benar adanya. Bahwa ada sejumlah pihak yang berusaha untuk menggulingkan AHY sebagai Ketum Demokrat yang sah. Meski demikian Partai Demokrat DIY tetap setia dan mengakui AHY sebagai Ketum di partainya.

"Upaya penggulingan ini benar adanya, tidak main-main, tidak rekayasa. Tetapi kami Demokrat DIY tetap konsisten, loyal dengan AHY sebagai Ketua Umum kami yang sah sesuai dengan Kongres Partai Demokrat ke-5," katanya Selasa (2/2/2021.

Ia memang tidak dihubungi oleh pihak lain yang berupaya melakukan penggulingan paksa tersebut, karena Partai Demokrat DIY dikenal paling loyal terhadap SBY dan AHY. Ia yakin upaya pihak tertentu untuk melakukan penggantian paksa kursi Ketua Umum bisa diantisipasi oleh internalnya. Kebulatan tekad untuk mendukung kepimpinan AHY tidak hanya disuarakan dari DIY namun serentak di semua DPD dan DPC seluruh Indonesia.

BACA JUGA : Bantah Istana Terlibat Kudeta Demokrat, Moeldoko Sindir AHY

“Upaya penggulingan paksa ini menurut kami layu sebelum berkembang, karena kami pengurus Demokrat tidak tergoda dengan ajakan dan tetap solid dengan AHY,” katanya.