Ratusan Wifi Gratis Kota Jogja Tersebar Hingga RW

Ilustrasi wifi. - Pixabay
04 Februari 2021 13:37 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJAWifi publik di Kota Jogja terus ditambah. Saat ini, lebih dari 300 titik wifi publik telah tersebar di Kota Jogja.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Jogja, Tri Hastono, mengatakan fasilitas internet publik makin diperlukan selama pandemi, khususnya untuk pembelajaran daring.

BACA JUGA: Terpukul Pandemi, Hotel di Bantul Bangkrut, Ratusan Restoran Terancam Gulung Tikar

Tri menyebut saat ini terdapat 356 titik wifi publik, tersebar di balai RW, ruang terbuka hijau, pos ronda, posyandu, gedung PKK dan beberapa tempat-tempat ibadah seperti musala, masjid, gereja dan vihara. "Kami perluas layanan wifi publik hingga RW sesuai permintaan warga," ujarnya.

Layanan wifi publik yang ditempatkan di berbagai gedung warga ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. "Semua koneksi internet sudah menjangkau sudut Kota Jogja yang wilayahnya tidak terlalu luas. Layanan wifi publik juga sudah disaring sehingga aman digunakan untuk anak-anak," ungkapnya.

"Harapannya internet ini juga bisa mendukung peningkatan ekonomi masyarakat di era pemasaran digital. Misalnya untuk mendukung pemasaran produk UMKM lewat media sosial yang membutuhkan internet.”

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi sebelumnya menargetkan pada 2021 seluruh RW di Kota Jogja memiliki akses wifi publik. Keberadaan wifi publik yang hadir hingga ke wilayah-wilayah dinilai Heroe dapat menguatkan potensi kampung seperti sarana promosi wisata kampung maupun wisata kuliner warga. "Harapannya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ini juga salah satu upaya membangun smart society di kampung yang menjadi bagian dari Jogja Smart City,” ujar dia.