Dampak Hujan Deras, Belasan Rumah di Kulonprogo Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

Ilustrasi - Freepik
04 Februari 2021 12:07 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kulonprogo pada Rabu (3/2/2021) sore, menyebabkan pohon tumbang di 18 lokasi. Sebagian besar terjadi di kawasan permukiman.

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo, 18 pohon tumbang di tiga kapanewon, yakni Nanggulan sebanyak tiga lokasi, Pengasih satu lokasi, dan Sentolo 14 lokasi.

BACA JUGA: Hujan Disertai Angin Kencang Tumbangkan Puluhan Pohon & Lukai 4 Warga di Bantul

Dari jumlah itu, 13 kasus pohon tumbang menimpa kawasan permukiman, yaitu di wilayah Kelurahan Jatisarono, Nanggulan dua titik; Tuksono, Sentolo satu titk; Kaliagung, Sentolo, lima titik; Sentolo, Sentolo tiga titik dan Salamrejo, Sentolo dua titik.

Empat pohon lain roboh menutup akses jalan, yakni di wilayah Kelurahan Wijimulyo, Nanggulan satu titik; Sendangsari, Pengasih satu titik; dan Kaliagung, Sentolo dua titik. "Ada satu lagi yang memutus kabel listrik yakni di wilayah Sentolo, Sentolo," ujar Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kulonprogo, Edi Wibowo, saat dikonfirmasi wartawan Kamis (4/2/2021).

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Kebanyakan pohon yang tumbang di kawasan permukiman menimpa atap rumah warga dengan tingkat kerusakan kecil. "Pohon tumbang itu rata-rata menimpa atap atau genteng," kata Edi.

BACA JUGA: Bagaimana Kondisi Cuaca di DIY Hari Ini?

Jalan yang sempat tertutup pohon sudah dibersihkan oleh tim dari BPBD Kulonprogo bersama sukarelawan dan warga sekitar.

Hujan kemarin sore tergolong cukup ekstrim, bahkan sampai mengganggu jarak pandang pengendara bermotor. Ini yang dirasakan Iwan Nur, 25.

"Iya kemarin itu kan pas mau pulang malah kena hujan deres banget, saking derasnya sampai enggak bisa lihat kendaraan di depan saya," ungkap warga Kota Jogja yang bekerja di Kulonprogo itu.