Advertisement

Menarik, Ada Kostum Dinosaurus Ala Anak SMK Bantul. Harga Jual sampai Ratusan Juta

Ujang Hasanudin
Minggu, 07 Februari 2021 - 11:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Menarik, Ada Kostum Dinosaurus Ala Anak SMK Bantul. Harga Jual sampai Ratusan Juta Muhammad Iqbal Firmansyah saat mengecek kostum dinosaurus karyanya di rumah produksi di Dusun Petet, Kalurahan Potorono, Kapanewon Banguntapan, Jumat (5/2/2021) lalu. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Berawal dari coba-coba, Muhammad Iqbal Firmansyah, 21, berhasil membuat kostum Dinosaurus yang menyerupai di film Jurassic Park. Kostum Dinosaurus dengan berbagai karakter bisa berjalan, bersuara, bergerak, sehingga menyerupai aslinya.

Tidak heran karya anak lulusan Sekolah Menengah (SMK) tersebut ramai ditonton warga sekitar yang ingin menyaksikan dari jarak dekat. Kostum Dinosaurus yang dapat berjalan keliling kampung digerakkan dengan dua orang dari dalam. Untuk dapat melihat dilengkapi dengan kamera depan dan belakang.

Advertisement

Baca juga: DIY Terapkan Jogo Wargo Hadapi PTKM, Duzun Zona Merah Harus Dikarantina Total

Selain kostum dinosaurus, Iqbal juga membuat karakter hewan prasejarah lainnya seperti Tyrannosaurus Rex, Abelisaurus, velociraptor, Spinosaurus, Majungasaurus, Ankylosaurus, Coelophysis, Allosaurus, Dilophosaurus. Bukan hanya kostum namun juga animatronik yang bisa bergerak sendiri mulai dari kedipan mata, gerakan badan,gerakan mulut untuk memakan, hingga gerakan ekor.

Tidak heran karya Iqbal ini banyak dipesan dari berbagai daerah. “Yang sudah pesan di kami itu dari Jember, Blitar, Magetan, Rembang, Taman Pintar Jogja, Purbalingga, dan Taman Mini Indonesia Indah Jakarta,” kata Iqbal saat ditemui di rumah produksi kostum Dinosaurus di Dusun Petet, Kalurahan Potorono, Kapanewon Banguntapan, Jumat (5/2/2021) lalu.

Menurut Iqbal total kostum hewan jaman prasejarah tersebut yang sudah dibuat sekitar 100 unit. Dia membuat kostum dan animatronik tersebut sesuai pesanan dengan harga mulai dari Rp25-100 juta tergantung karakter hewan dan kesulitan.

Pertama-tama yang dilakukan Iqbal bersama ayah dan delapan karyawannya tersebut membuat rangka besi. Setelah itu dilengkapi dengan mekanisme gerakan. Setelah gerakan sudah bagus, maka tahap selanjutnya membungkus kerangka tersebut dengan kulit. Untuk kulit penutup terbuat dari bisa yang dicampur latek, lalu dibalut dengan kain agar busa tidak mudah sobek.

Baca juga: Jateng di Rumah Saja Bikin Pantai Parangtritis Ikut Sepi

Balutan kain tersebut kemudian dibalut silikon lalu tahap akhir pengecatan. Butuh waktu 2-3 minggu untuk menghasilkan satu kostum atau animatronik dinosaurus, “Yang susah itu  bagaimana membentuk mekanisme supaya tidak merusak anatomi binatang. Terkadang gerakan bisa tapi bentuk tidak proporsional,” ucap Iqbal.

Anak pertama dari tiga bersaudara pasangan dari Soleh Hamdani dan Liana Lestari awalnya tidak percaya karyanya berhasil dan diminati banyak orang. Awalnya dia berjalan-jalan ke mal dan melihat dinosaurus yang bergerak namun tidak boleh dipegang. Pria lulusan SMK jurusan Teknik Kendaraan Ringan ini kemudian mencoba-coba membuat replika dinosaurus di rumahnya pada awal 2018 lalu

Awalnya yang dibuat adalah dinosaurus yang berjalan dan menarik gerobak dan berhasil. Karena banyak yang tertarik, akhirnya Iqbal membuat membuat kostum dan animatronik karakter dinosaurus lainnya yang ia pelajari dari film Jurassic. Hingga saat ini pesanan dari berbagai daerah terus berdatangan, “Saya buat setelah ada pesanan, made by order,” ucap Iqbal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement