Peringati HPN 2021, PWK Bagikan Ratusan Paket Sembako dan Penanaman Pohon

Salah satu anggota PWK saat membagikan sembako kepada warga di Kalurahan Triharjo, Wates, Kulonprogo, Sabtu (6/2/2021). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
07 Februari 2021 14:47 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Paguyuban Wartawan Kulonprogo (PWK) menggelar sejumlah kegiatan sosial, mulai dari penyaluran paket sembako hingga penanaman pohon.

Komunitas beranggotakan wartawan yang bertugas di Kulonprogo itu membagikan 50 paket sembako kepada anak-anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Wates pada Jumat (6/2/2021). Dilanjutkan penyaluran 100 paket sembako kepada warga terdampak pandemi Covid-19 di Kalurahan Triharjo, Kapanewon Wates, Sabtu (7/2/2021).

Sedangkan kegiatan penanaman pohon dilaksanakan pada Minggu (7/2/2021) di kawasan Embung Blubuk, Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pengasih. Dalam kegiatan ini insan pers bersama Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD dan beberapa pihak terkait di tingkat kalurahan dan kapanewon secara simbolis menanam bibit Jambu Air Dalhara dan Pohon Sengon. Adapun total bibit yang ditanam sebanyak 300 bibit.

Baca juga: DIY Terapkan Jogo Wargo Hadapi PTKM, Duzun Zona Merah Harus Dikarantina Total

Penanaman bibit itu bertujuan untuk membantu pengembangan Embung Blubuk sebagai kawasan agrowisata serta sebagai antisipasi bencana longsor.

Ketua PWK Asrul Sani mengatakan kegiatan baksos dan penanaman pohon ini merupakan rangkaian peringatan HPN yang jatuh pada 9 Februari mendatang. Lewat kegiatan ini PWK ingin menunjukkan bahwa insan pers juga peduli terhadap kondisi sosial masyarakat dan lingkungan di Kulonprogo.

"Setiap HPN, kami selalu berusaha memperingatinya dengan sederhana namun penuh makna. Salah satunya dengan baksos dan penanaman pohon," kata Asrul, Minggu

Asrul mengatakan peringatan HPN tahun ini berbeda ketimbang tahun-tahun sebelumnya lantaran pandemi Covid-19, wartawan yang biasanya melakukan kegiatan yang lebih meriah harus dikurangi sebagai bentuk kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Meski begitu ia berharap manfaat dari kegiatan ini bisa benar-benar dirasakan masyarakat.

Sementara itu Bupati Kulonprogo, Sutedjo memberikan apresiasi kepada PWK yang telah menggelar pelbagai kegiatan sosial setiap HPN. Dikatakan Tedjo, kegiatan semacam ini bukan kali pertama dilakukan. Setiap tahun, PWK selalu mengadakan kegiatan serupa dengan konsep berbeda. Mulai dari bedah rumah, penyaluran paket sembako, penanaman pohon, dan sebagainya.

Baca juga: Muncul Dua Kubah Lava di Gunung Merapi, Pertama Kalinya dalam Sejarah

"Terimakasih PWK yang untuk kesekian kalinya menunjukkan kepedulian sosial dan lingkungan. Kemarin baksos sekarang penanaman pohon yang termasuk dalam program konservasi alam," ujarnya.

Rangkaian HPN ini akan ditutup dengan sarasehan yang rencananya dilangsungkan pada Senin (8/2/2021) di Gedung Kaca Kompleks Pemkab Kulonprogo. Dalam kegiatan itu PWK akan menyerahkan penghargaan kepada lima tokoh inspiratif Kulonprogo yang telah berperan bagi kemajuan Bumi Menoreh.