Tambah 11, Kasus Corona di Gunungkidul Capai 1.647

Ilustrasi - Freepik
08 Februari 2021 17:47 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Jumlah kasus Covid-19 di Gunungkidul masih terus bertambah. Senin (8/2/2021) warga yang tertular bertambah 11 orang sehingga total berjumlah 1.647 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan dari jumlah seluruh kasus Covid-19, ada 1.285 warga yang telah dinyatakan sembuh. Sisanya sebanyak 290 pasien masih menjalani perawatan, baik yang menjalani perawatan di rumah sakit atau isolasi mandiri. “Hari ini [kemarin], ada tambahan pasien yang sembuh sebanyak delapan kasus. Selain itu, untuk yang meninggal ada tambahan satu sehingga total menjadi 72 orang yang positif Corona meninggal dunia,” ungkapnya.

BACA JUGA: PTKM DIY Tak Efektif, Banyak Orang Terjerat Rentenir & Pinjaman Online

Dewi meminta kepada masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan. Menurut dia, dengan terus memakai masker saat berada di luar rumah, menjaga jarak hingga sering mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir merupakan salah satu cara efektif memutus mata rantai penularan. “Semakin mayarakat patuh, maka potensi tertular bisa semakin ditekan. Tapi, kalau masih abai, maka potensi penularan bisa tak terendalikan. Jadi, mari bersama-sama melawan dan mencegah penularan,” kata Dewi.

Dia mengatakan tahap awal vaksinasi masih menyasar tenaga kesehatan di Gunungkidul. “Semua lancar dan masih terus berjalan. Kami targetkan untuk vaksin tenaga kesehatan selesai di akhir bulan ini,” katanya.

Bupati Gunungkidul Badingah meminta kepada masyarakat untuk terus patuh dan berdisiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Menurut dia, potensi penularan di masyarakat masih jadi ancaman sehingga ketaatan tersebut menjadi kunci dalam melawan virus Corona. “Jangan abai. Tetap jalankan protokol kesehatan secara ketat,” katanya.