Ratusan Pelaku Perjalanan yang Masuk ke DIY Dicegat dan Dites Antigen oleh Petugas

Kendaraan berplat nomor luar DIY diperiksa oleh petugas posko terpadu pemantauan COVID-19 DIY di Jalan Nasional Jogja-Purworejo Km. 41, Kapanewon Temon, Kulonprogo, atau tepatnya depan Masjid Nurul Huda, Sabtu (25/4/2020).-Harian Jogja - Jalu Rahman Dewantara
12 Februari 2021 21:27 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIY bekerja sama dengan Polda DIY melakukan uji swab antigen secara acak kepada ratusan pelaku perjalanan dengan kendaraan pribadi melalui enam pos penjagaan.

Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan upaya tersebut menyasar 350 pelaku perjalanan dari enam pos penjagaan yang dijaga oleh Iwan dan jawatannya selama libur panjang Imlek 2021.

"Kurang lebih 650-an kendaraan diperiksa dan rapid (swab antigen) sudah digunakan sebanyak 350 di 6 titik pemeriksaan," ujar Iwan saat dikonfirmasi pada Jumat (12/2/2021).

BACA JUGA: Angka Kesembuhan Covid Hampir Tembus Sejuta Kasus

Enam pos pemeriksaan yang dijaga oleh Iwan dan jawatannya berada di sejumlah titik. Di antaranya, Pos Tempel, Pos Prambanan, Pos Temon, Pos Hargodumilah, Gunungkidul, Pos Srandakan, Bantul, dan terakhir di Pos Gardu Anim yang ada di belakang Hotel Inna Garuda, Malioboro.

"Kita ingin mengetahui kondisi masyarakat sejauh ini. Ada 1.000 sampling bagi enam pos pemeriksaan. Itu kita bagi tiga hari. Kami dari Polda DIY beserta Polda lainnya mengambil langkah untuk menertibkan masyarakat yang berpergian ke luar kota," ungkap Iwan.

Iwan berharap agar pelaku perjalanan yang ingin melakukan perjalanan ke DIY pada khususnya untuk membawa surat bebas Covid-19 berupa hasil swab antigen dengan hasil negatif.

"Kita kan menindaklanjuti surat edaran satgas Covid-19 RI. Bagi yang terpaksa harus berpergian antar kota atau antar provinsi harus membawa itu (swab antigen), yang belum bawa ya kita ambil swab antigen di tempat sebagai sampling," katanya.