Jumlah Spesimen Covid-19 yang Diperiksa di Jogja Turun

Ilustrasi. - Freepik
17 Februari 2021 19:27 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) DIY mengakui jumlah pemeriksaan spesimen sejak sebulan terakhir ini menurun dibanding bulan-bulan sebelumnya.

“Biasanya harian [sampel spesimen yang diperiksa] bisa mencapai 700-1.000 sampel, sekarang 500-600 sampel,” kata Kepala BBTKLPP DIY, Irene, Rabu (17/2/2021).

Jumlah sampel spesimen yang diperiksa tersebut berasal dari wilayah DIY dan Jawa Tengah. Irene tidak tahu pasti menurunnya jumlah spesimen yang dikirimkan ke BBTKLPP apakah memang benar-benar ada penurunan kasus atau pemeriksaan swab di tiap daerah yang berkurang.

Namun dia menduga karena memang hasil tracing orang yang berkontak erat dengan pasien Covid-19 berkurang sehingga terjadi penurunan kasus, “Kontak erat berkurang otomatis tracing juga menurun,” kata Irene.

Kendati demikian, Irene mengatakan penurunan jumlah spesimen yang diperiksa tersebut belum terlalu signifikan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja, Emma Rahmi Aryani mengatakan penurunan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Jogja karena memang saat ini yang diperiksa atau dites swab adalah kontak erat yang bergejala. Sementara yang tdak bergejala cukup diisolasi mandiri dengan pengawasan satgas dari tingkat kalurahan dan RT.

Selain itu juga dimungkinkan turunnya kasus karena adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro. Namun demikian Dinas Kesehatan masih akan melihat data kasus sampai beberapa hari ke depan, “Semoga saja memang kasusnya benar-benar turun,” ucap Emma.